Peran Penataan Arsip Dinamis Inaktif Dalam Mendukung Aktivitas Organisasi Di Universitas Islam Kadiri (UNISKA) Kediri

https://doi.org/10.22146/diplomatika.78033

Sonia Putri Permadani(1*), Waluyo Waluyo(2)

(1) Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada
(2) Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Suatu organisasi yang tentu saja bekerja, baik publik maupun swasta, akan menghasilkan arsip. Arsip adalah catatan kegiatan atau bukti kegiatan organisasi dalam menjalankan fungsi. Secara fungsional, arsip dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu arsip dan arsip statis. Catatan dinamis adalah file yang langsung digunakan oleh organisasi yang dibuat untuk kepentingan operasional organisasi. Sedangkan arsip statis adalah arsip yang pada umumnya tidak lagi digunakan dalam operasional organisasi pencipta tetapi karena memiliki nilai sejarah dan nilai maka arsip tersebut dilestarikan sebagai arsip permanen.
Sebagai arsip dinamis, keberadaan arsip yang tidak aktif harus dijaga sesuai aturan arsip karena sifatnya dinamis berarti arsip masih dibutuhkan dalam kegiatan organisasi.Pada umumnya karena frekuensi penggunaan yang menurun menyebabkan arsip yang tidak aktif menjadi terabaikan bahkan tidak terkelola. Dalam kondisi demikian, arsip pada umumnya dalam keadaan tidak beraturan.
Penelitian ini berusaha untuk menggali kondisi arsip yang tidak aktif dan memanfaatkan dalam kegiatan organisasi di Universitas Islam Kadiri (UNISKA) Kediri. Masalah yang diangkat dari penelitian ini adalah bagaimana penataan arsip inaktif dan bagaimana peran arsip inaktif dalam mendukung kegiatan organisasi, serta kendala apa saja yang dihadapi dalam proses penataan arsip inaktif di Universitas Islam Kadiri (UNISKA) Kediri. Penelitian ini bersifat deskriptif-analitis dengan metode kualitatif.Pengumpulan data penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan studi pustaka dokumen. Kesimpulan utama dari penelitian ini adalah kondisi arsip di Universitas Islam Kadiri (UNISKA) Kediri masih tercampur antara arsip dengan non arsip dan arsip tidak aktif dalam kondisi tidak beraturan.


Keywords


penataan; arsip; dinamis inaktif

Full Text:

PDF


References

Basuki, S. (2003). Manajemen Arsip Dinamis Pengantar Memahami dan Mengelola Informasi dan Dokumen. Jakarta : Greamedia Pustaka Utama. Creswell, JW (2014). Desain Penelitian : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran; Empat Edisi. Indonesia: Sage Publications. Keputusan Rektor Universitas Islam Kadiri (UNISKA) Kediri Nomor 301/SK/B.UNISKA/IX/2017 Tentang Buku Pedoman Kearsipan Universitas Islam Kadiri (UNISKA) Kediri Tahun 2017. (nd). Keputusan Rektor Universitas Islam Kadiri Nomor : 407/SK/B.UNISKA/XI/2021 Tentang Pedoman Jadwal Retensi Arsip Dan Sistem Klasifikasi Keamanan Arsip Dinamis Universitas Islam Kadiri (UNISKA) Kediri Tahun 2021. (nd). muslimah. (2017). Bunga Rampai Kearsipan.Yogayakarta : Pers Universitas Gadjah Mada. Peraturan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2012 Tentang Pedoman Penyusunan Klasifikasi Arsip. (nd). Peraturan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2011 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Kearsipan Di Lingkungan Perguruan Tinggi. (nd). Peraturan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2011 Tentang Tata Cara Penyediaan Arsip Dinamis Sebagai Informasi Publik. (nd). Peraturan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2018 Tentang Pedoman Pemeliharaan Arsip Dinamis. (nd). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 42 Tahun 2006 Tentang Tatat Persuratan Di Lingkungan Departemen Pendidikan Nasional.(nd). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2012 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan. (nd). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistematis Pendidikan Nasional. (nd). Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan. (nd). Winata, SA (2016). Manajemen Kearsipan Untuk Organisasi Publik, Bisnis, Sosial, Politik dan Kemasyarakatan. Bandung : CV Pustaka Setia. Sumber Web: Portal Web Universitas Islam Kadiri (UNISKA) Kediri. (2022). Sejarah. Tersedia di https://www.uniska-kediri.ac.id/page/detail/sejarah-singkat diakses pada Senin, 11 Juli 2022. Portal Web Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta. (2022). Mengenal Berbagai Macam Nilai Guna. Tersedia di https://arsipdanperpustakaan.jogjakota.go.id/article.php?artikel id=14#:~:text=Secara%20umum%20nilai%20guna%20arsip,dan%20keuangan%20bagi%20pencipta%20arsip diakses pada Selasa , 26 Juli 2022. MN. Abidin. (2019). BAB II TINJAUAN PUSTAKA. http://repository.um-surabaya.ac. id/3636/3/BAB_II.pdf. diakses pada Rabu, 27 Juli 2022.



DOI: https://doi.org/10.22146/diplomatika.78033

Article Metrics

Abstract views : 683 | views : 961




Copyright (c) 2023 Diplomatika: Jurnal Kearsipan Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

....................................................................................................................................................................................................................................................

The Diplomatika: Jurnal Kearsipan Terapan with online ISSN: 2598-0009 and print ISSN: 2597-9981 is published by Universitas Gadjah Mada. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Built on the Public Knowledge Project's OJS 2.4.8.1.

View My Stats

  

                                                                      The Diplomatika: Jurnal Kearsipan Terapan has been indexed on:

gs