Toponimi Gedung Pantjadharma Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada

https://doi.org/10.22146/diplomatika.80804

Supriadianto Supriadianto(1*)

(1) Sekolah Vokasi UGM
(*) Corresponding Author

Abstract


Toponimi merupakan studi tentang nama-nama tempat yang diberikan pada kenampakan-kenampakan fisik (gedung) dan kultural. Toponimi juga merupakan bagian dari ranah studi linguistik yang mengkaji tentang asal usul sejarah dan budaya pembentuk dari sebuah penamaan suatu tempat atau wilayah. Sistem penamaan tidak terlepas dari peran bahasa sebagai pelambangan pada setiap objek yang digunakan pengungkap konsep sejarah dan budaya yang berhubungan dengan nalar dan rasa, sehingga gedung yang ada di Sekolah Vokasi UGM (SV UGM) yang merupakan Gedung Cagar Budaya merepresentasikan nilai sejarah dan budaya yang tinggi. Proses penelitian ini menggunakan bersifat deskriptif kualitatif. Data diambil melalui studi pustaka, observasi, dan juga melalui wawancara (rekam dan catat) yang kemudian analisis data melalui pendekatan induktif dengan cara kategorisasi toponimi nama gedung melalui sejarah wilayah gedung, asal usul, dan makna dari sistem penamaan gedung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi semantik (bentuk makna) dan sistem penamaan gedung yang berada di area SV UGM terutama Gedung Pantjadharma melalui kajian toponimi, sehingga pelestarian dari penamaan Gedung Pantjadharma yang ada di Sekolah Vokasi UGM dapat terus dipahami nilai sejarahnya dan dilestarikan secara berkelanjutan. Hasil temuan dari penelitian ini adalah sejarah wilayah gedung merupakan bekas dari bandara pertama di Yogyakarta. Asal usul Gedung SV UGM mengalami berbagai macam fungsi dan penggunaan gedung yang dimulai dari tahun 1952 sampai saat ini, dan makna semantik serta sistem penamaan gedung berasal dari Bahasa Sansekerta dan Jawa Kuno yang terbentuk berdasarkan proses pendirian gedung dan proses harapan dan doa.


Keywords


toponimi; Pantjadharma; Sekolah Vokasi UGM

Full Text:

PDF


References

Sobarna, C., Gunardi, G., dan Wahya. (2018). Toponimi Nama Tempat Berbahasa Sunda di Kabupaten Banyumas. Jurnal Panggung Vol. 28 No. 2, 147-161.

Effendi, U. I. (2016, Januari 8). Sekilas Asrama Universitas Gadjah Mada. Retreved from: https://arsip.ugm.ac.id/2016/01/08/sekilas-asrama-universitas-gadjah-mada/

Erika F, dkk. (2018). Toponimi (Modul). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Kebudayaan Direktorat Sejarah. Jakarta.

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Gadjah Mada (2019, Desember 4). Sejarah. Retrieved from https://mipa.ugm.ac.id/fakultas/

Humas UGM. (2009, Agustus 4). UGM Miliki Rumah Sakit Hewan Baru. Retrieved from:

https://www.ugm.ac.id/id/berita/672-ugm-miliki-rumah-sakit-hewan-baru

Lauder, A. F., & Lauder, M. R. (2015). Ubiquitous place names Standardization and study in Indonesia'. Wacana 17 (21, 383-4 1)

Liskah Kartika, C. A. T. U. R., & Dian Savitri, A. G. U. S. N. I. A. R. (2020). Penamaan Jalan Di Kotamadya Surabaya: Kajian Toponimi. Bapala, 7(4).

Mardiyanto, Verry. (2013, Februari 25). Pembangunan dan Penggunaan Gedung Pantjadharma Universitas Gadjah Mada. Retreved from: seputar Ilmu Kearsipan: Pembangunan dan Penggunaan Gedung Pantjadharma Universitas Gadjah Mada (arsipilmu04936.blogspot.com)

Perpustakaan UGM. (2017). Sekilas Perpustakaan UGM: Sejarah. Retreved from: http://lib.ugm.ac.id/ind/?page_id=769

Rahardjo, Noorhadi. (2021). “Fungsi dan Manfaat Keilmuan Toponimi”. Hasil Wawancara Penelitian: 2 Juli 2021 secara Daring via Zoom Meeting, Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada.

Ruspandi, J. dan Mulyadi, A. (2014). Fenomena Geografis Di Balik Makna Toponimi Di Kota Cirebon. Jurnal Gea Volume 14 Nomor 23, 1-13.

Sedyawati, E., Iswati, E., Boedhijono, K., & Widjajanti D, D. (1994). Kosa Kata Bahasa Sanskerta dalam Bahasa Melayu Masa Kini. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Setiyo Nugroho, M. (2015, Februari 28). Tahun 1959: Konperensi Rencana Colombo. Filateli-ku. Retreved from http://koleksifilateliku.blogspot.com/2015/02/tahun-1959-konperensi-rentjana-kolombo.html

Sholikhah, Faizatus, (2020, October 15). Gedung Pantjadharma dalam Bingkai Warisan Budaya dan Pendidikan. Retrieved from Gedung Pantjadharma dalam Bingkai Warisan Budaya dan Pendidikan (ugm.ac.id)

Sholikhah, Faizatus, (2021, Juli 22). “Sejarah Gedung Panca Dharma”. Hasil Wawancara Penelitian: 22 Juli 2021, Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada.

SV UGM. (2019, Januari 14). Sejarah Singkat Sekolah Vokasi UGM. Retreved from https://sv.ugm.ac.id/profil/sejarah/



DOI: https://doi.org/10.22146/diplomatika.80804

Article Metrics

Abstract views : 381 | views : 323




Copyright (c) 2023 Diplomatika: Jurnal Kearsipan Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

....................................................................................................................................................................................................................................................

The Diplomatika: Jurnal Kearsipan Terapan with online ISSN: 2598-0009 and print ISSN: 2597-9981 is published by Universitas Gadjah Mada. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Built on the Public Knowledge Project's OJS 2.4.8.1.

View My Stats

  

                                                                      The Diplomatika: Jurnal Kearsipan Terapan has been indexed on:

gs