Analisis Pelayanan Arsip Statis di Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

https://doi.org/10.22146/diplomatika.83187

Suhardo Suhardo(1*)

(1) Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memahami mekanisme pelayanan publik kearsipan oleh perpustakaan dan kantor arsip Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kajian ini juga bermaksud untuk mengkaji upaya Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY dalam meningkatkan pelayanan arsip dan kendala yang menghambat perencanaan pelayanan arsip. Metode penelitian kualitatif dalam kajian ini berdasarkan pengumpulan data, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menerapkan teknik analisis data interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, display data, dan verifikasi. Kajian ini menyimpulkan bahwa pelayanan publik yang diberikan oleh Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah DIY sudah sesuai dengan standar pelayanan yang berlaku. Beberapa contoh standar layanan antara lain peminjaman arsip, reproduksi arsip, penyuluhan pengguna arsip, dan penelusuran arsip. Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah DIY juga telah melakukan beberapa upaya untuk meningkatkan pelayanan kearsipan dengan melakukan akuisisi-pengolahan-penerbitan arsip, pengelolaan sumber daya manusia, dan peningkatan fasilitas pelayanan. Kajian ini juga menyadari bahwa untuk meningkatkan penyampaian arsip secara optimal, diperlukan peningkatan manajemen sumber daya manusia dan fasilitas pelayanan bagi perpustakaan daerah dan kantor arsip DIY.


Keywords


pelayanan; kearsipan; arsip statis

Full Text:

PDF


References

Amsyah, Zulkifli. 2003. Manajemen Kearsipan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Lexy J. Moleong. 2006. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung :PT Remaja rosdakarya

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara RI. 2004. “Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No.63/KEP/ M.PAN/7/2003/ Tentang Pedoman Pelayanan Publik"

Ratminto dan Atik Septi Winarsih. 2010. Manajemen Pelayanan : Penembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal.Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Reed, Barbara.1993. Keeping Archives, Judith Ellis (Ed.).Ed. 2. Australia: D. W Thorpe.

Sinambela, L.P. 2008.Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono, 2010.Metodelogi Penelitian Administrasi RD. Bandung : Alfabeta

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan. Jakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. Jakarta.

Walne, Peter. 1988.Dictionary of Archival Terminology, K.G. Saur, London – Paris

Widjaja, A.W. 1993. Administrasi Kearsipan: Suatu Pengantar. Jakarta: Grafindo.

Wursanto. 1991. Kearsipan 1.Yogyakarta : Kanisius Yogyakarta.



DOI: https://doi.org/10.22146/diplomatika.83187

Article Metrics

Abstract views : 653 | views : 926




Copyright (c) 2023 Diplomatika: Jurnal Kearsipan Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

....................................................................................................................................................................................................................................................

The Diplomatika: Jurnal Kearsipan Terapan with online ISSN: 2598-0009 and print ISSN: 2597-9981 is published by Universitas Gadjah Mada. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Built on the Public Knowledge Project's OJS 2.4.8.1.

View My Stats

  

                                                                      The Diplomatika: Jurnal Kearsipan Terapan has been indexed on:

gs