IDENTIFIKASI MOLEKULER DENGAN TEKNIK PCR-RFLP LARVA PARASIT Anisakis spp (Nematoda: Anisakidae) PADA IKAN TONGKOL (Auxis thazard) DAN KEMBUNG (Rastrelliger kanagurta) DARI PERAIRAN MAKASSAR

https://doi.org/10.22146/jfs.3064

Hilal Anshary(1*)

(1) Jurusan Perikanan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Hasanuddin
(*) Corresponding Author

Abstract


Beragam spesies ikan laut dikenal sebagai inang perantara dari berbagai spesies parasit, termasuk nematoda Anisakis yang merupakan agen penyebab Anisakiasis pada manusia. Anisakiasis dapat terjadi pada manusia setelah memakan ikan mentah atau setengah matang yang terinfeksi oleh Anisakis sp. Di Indonesia, khususnya di Sulawesi Selatan, informasi tentang Infeksi Anisakis ikan sering kali diabaikan dan tidak terdokumentasi dengan baik. Oleh karena itu, penelitian ini dimulai dengan mengumpulkan larva nematoda dari dua spesies ikan (Auxis thazard dan Rastrelliger kanagurta). Organ tubuh yang diperiksa meliputi rongga perut, organ internal dan jaringan otot. Larva nematoda yang diidentifikasi secara morfologis menunjukkan Anisakis spp kemudian dipisahkan untuk identifikasi secara molekuler lebih lanjut. Parasit difiksasi dalam etanol 70% dan dilanjutkan dengan PCR menggunakan primer ITS-1, 5.8S dan ITS-2 regions. Secara morfologi, Anisakis spp. dapat dibedakan dengan Anisakidae lain oleh adanya ventriculus yang jelas terlihat padaAnisakis spp. di bawah mikroskop stereo. Anisakis tipe I dan tipe II dibedakan oleh adanya mukron yang hanya terdapat pada Anisakistipe I dan tidak adanya di Anisakis tipe II. Spesies yang diidentifikasi menggunakan PCR-RFLP menunjukkan bahwa nematoda yang ditemukan pada ikan tongkol dan ikan kembung adalah Anisakis Typica.

Keywords


Anisakis typica, Auxis thazard, Rastrelliger kanagurta, PCR-RFLP, Makassar

Full Text:

PDF



DOI: https://doi.org/10.22146/jfs.3064

Article Metrics

Abstract views : 8533 | views : 19291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c)



Jurnal Perikanan Universitas Gadjah Mada (print ISSN 0853-6384; online ISSN 2502-5066) is published by Department of Fisheries, Universitas Gadjah Mada in collaboration with Semnaskan UGM (Seminar Nasional Tahunan Hasil Perikanan dan Kelautan) and ISMFR (International Symposium on Marine and Fisheries Research).

 

View My Stats