Prototype e-log book community and family health care with interprofessional education (cfhc-ipe) fakultas kedokteran universitas gadjah mada
Laila Tannoor(1*)
(1) Gadjah Mada University
(*) Corresponding Author
Abstract
Latar Belakang: Fakultas kedokteran memiliki kegiatan berbasis komunitas oleh mahasiswa, kegiatan ini disebut dengan Community and Family Health Care with Interprofessional Education (CFHC-IPE). Salah satu media komunikasi antara mahasiswa dengan dosen pembimbing lapangan serta kesekretariatan CFHC-IPE yaitu log book CFHC-IPE. E-log book CFHC-IPE menjadi suatu inovasi baru dalam media pembelajaran dan komunikasi, membantu komunikasi jarak jauh serta dapat melakukan pelaporan yang lebih cepat. Prototype yang akan dibuat dikhususkan pada topik family folder dan faktor lingkungan.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk merancang prototype aplikasi e-log book untuk kegiatan Community and Family Health Care with Interprofessional Education (CFHC-IPE) Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Sub Topik Family Folder dan Faktor Lingkungan.
Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode action research. Subjek penelitian berjumlah 14 orang, teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dengan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan pengisian checklist
Hasil: E-log book kegiatan CFHC-IPE dalam penelitian ini adalah suatu aplikasi yang dibuat untuk sekretariat, dosen, serta mahasiswa untuk melakukan kegiatan dalam bentuk elektronik baik dalam pengumpulan tugas, diskusi, penyampaian materi, serta penyimpanan hasil data kegiatan lapangan oleh mahasiswa. Penggunaan aplikasi e-log book ini juga dapat menjadi bahan evaluasi untuk penilaian mahasiswanya serta dapat memfasilitasi pembelajaran secara interaktif tanpa harus melakukan tatap muka. Aplikasi e-log book ini tidak hanya berfokus pada pembuatan sistem, namun juga menggali pengetahuan terhadap analisis kesehatan masyarakat yang berfokus pada kesehatan lingkungan.
Kesimpulan: Perancangan aplikasi e-log book CFHC-IPE ini memberikan kemudahan pelaporan dan penyimpanan data kegiatan mahasiswa. Tampilan interface pada aplikasi yang mudah dipahami dan mudah untuk dioperasikan. Hasil pengujian terhadap prototype aplikasi e-log book CFHC-IPE ini menjelaskan bahwa sistem yang dijalankan pada setiap menu telah sesuai dengan skenario yang telah ditetapkan dan uji coba dilakukan terhadap fungsional sistem dan pengujian terhadap interface dan pengaksesan pengguna dapat dinyatakan bahwa prototype aplikasi e-log book CFHC-IPE dapat diterima dan dapat memudahkan pengguna.
Keywords
References
Warman I, Saputra KN. Sistem Informasi Alumni ITP Menggunakan PHP dan My SQL. Jurnal Momentum 2012;12(1):43–50. 2. Aggarwal N, Kapoor M. Human Resource Information Systems (HRIS) - Its Role and Importance in Business Competitiveness. GIAN JYOTI E-Journal 2012;1(2):1–13. 3. Sulistyo ME, Ashari A, Sumaryono S. Sistem Informasi Gizi Mahasiswa Berbasis Web (Kasus Mahasiswa Fakultas Kedokteran UGM). Proceedings of CITEE 2009;(4):71–5. 4. Zhou H. Design of Student Information Management Database Application System for Office and Departmental Target Responsibility System. 2012;25:1660–5. Available from: http://dx.doi.org/10.1016/j.phpro.2012.03.291 5. Fessakis G, Dimitracopoulou A, Komis V. Improving Database Design Teaching in Secondary Education: Action Research Implementation for Documentation of Didactic Requirements and Strategies. Computers in Human Behavior [Internet] 2005 [cited 2014 Dec 14];21(2):159–94. Available from: http://linkinghub.elsevier.com/retrieve/pii/S0747563204001177 6. Tim Community and Family Health Care with Interprofessional. “Keluarga Sadar Sehat” : Topik Kesehatan Lingkungan. In: Buku Panduan dan Penilaian Dosen Pembimbing Fakultas (DPF). Yogyakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada; 2015. page 30. 7. Tim Community and Family Health Care with Interprofessional. “Keluarga Sadar Sehat” : Topik Kesehatan Lingkungan. In: Buku Panduan dan Penilaian Dosen Pembimbing Fakultas (DPF). Yogyakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada; 2015. page 62. 8. Petchtone P, Sumalee C. The Validation of Web-based Learning Environment Model to Enhance Cognitive Skills and Critical Thinking for Undergraduate Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences [Internet] 2014 [cited 2015 Aug 26];116:669–73. Available from: http://linkinghub.elsevier.com/retrieve/pii/S1877042814002948 9. Petchtone P, Chaijaroen S. The Development of Web-based Learning Environments Model to Enhance Cognitive Skills and Critical Thinking for Undergraduate Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences [Internet] 2012 [cited 2015 Aug 26];46:5900–4. Available from: http://linkinghub.elsevier.com/retrieve/pii/S1877042812031394
DOI: https://doi.org/10.22146/jisph.8187
Article Metrics
Abstract views : 1238 | views : 1383 | views : 300Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Journal of Information Systems for Public Health