Kepuasan Pasien Imobilisasi dalam Pemenuhan Personal Hygiene Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan
Pomarida Simbolon(1*), Magda Siringo-ringo(2)
(1) STIKes Santa Elisabeth Medan
(2) STIKes Santa Elisabeth Medan
(*) Corresponding Author
Abstract
Latar belakang: Personal hygiene merupakan perawatan diri manusia dalam memelihara kesehatannya untuk meningkatkan kenyamanan, kesehatan dan keamanan demi kesejahteraan fisik dan psikis terutama pada pasien imobilisasi. Setiap tindakan keperawatan, yang diberikan perawat harus memperhatikan kepuasan pasien karena merupakan salah satu indikator bagi pasien untuk mengetahui kualitas pelayanan melalui tingkat kepuasan.
Tujuan: Untuk mengetahui kepuasan pasien imobilisasi dalam pemenuhan personal hygiene yang dilakukan oleh perawat di Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan.
Metode: Jenis penelitian adalah deskriptif, dengan metode penilaian menggunakan dimensi kepuasan. Populasi dalam penelitian berjumlah 120 orang dengan jumlah sampel penelitian 30 orang dengan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner.
Hasil: Hasil penelitian menunjukan tingkat kepuasan pasien pada dimensi tangible (kenyataan) 63,3%, emphaty (empati) 46,7%, reliability (keandalan) 50,0%, responsivenness (daya tanggap) 53,3%, sedangkan dimensi assurance (jaminan) berada pada kategori puas yaitu 43,3%.
Kesimpulan: Pasien sangat puas terhadap pelayanan personal hygiene, terlihat dari perhitungan setiap dimensi. Diharapkan kepada perawat agar memberikan pelayanan yang lebih baik lagi terutama kesan pertama masuk pasien terhadap pelayanan keperawatan yang diberikan sehingga hasil kepuasan lebih meningkat lagi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto Suharsimi. 2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rhineka cipta.
Azhari. 2012. Hubungan Pelaksanaan Personal Hygiene Oleh Perawat Dan Tingkat Kepuasan Pasien Imobilisasi Di Lantai 5 Bedah Rumah Sakit Pusat Angakatan Darat Gatot Soebroto Jakarta Pusat. Diakses tanggal 10 Desember 2016
Heni, Dkk (2011) Pengaruh Intervensi Personal Higiene Terhadap Kepuasan Pasien Immobilisasi. Diakses tanggal 10 Desember 2016
Nursalam. 2014. Manajemen Keperawatan. Jakarta: Salemba medika.
Parinduri. 2009. Tingkat Kepuasan Pasien Imobilisasi Dalam Pemenuhan Pelaksanaan Personal Hygiene Oleh Perawat Di Rumah Sakit Haji Adam Malik Medan. Diakses pada tanggal 22 November 2016
Pohan Imbalo. 2006. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: EGC.
Rachmania (2015) Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Puskesmas Temon 1 Kulon Progo Yogyakarta. Program Studi Ilmu Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Aisyiyah Yogyakarta 2015. Diakses tanggal 10 Maret 2017
Sandyarman I, Hubungan Personal Hygiene Oleh Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Imobilisasi Di Rumah Sakit Jember Klinik. Program Studi S1 Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jember 2014. Diakses tanggal 11 Januari 2017
Suardana Ketut. 2007. Hubungan tingkat pemenuhan kebersihan diri dengan tingkatkepuasanpasienimobilisasi.Diakses tanggal 02 April 2017
Susanti Novi. 2013. Hubungan Karakteristik Perawat Dengan Motivasi Perawat Dalam PemenuhanKebutuhan Kebersihan DiriPasienDi Ruang Rawat Inap RSUDR.H.KoesnadiBondowoso. Diakses tanggal 10 Maret 2017
DOI: https://doi.org/10.22146/jkesvo.30335
Article Metrics
Abstract views : 7020 | views : 11110Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Kesehatan Vokasional
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kesehatan Vokasional with registered number ISSN 2541-0644 (print), ISSN 2599-3275 (online) published by the Departement of Health Information Management and Services, Vocational College, Universitas Gadjah Mada