EDPERDAY (Edukasi Pertanian Swadaya): Upaya Pemberdayaan Pemuda Pertanian dalam Lahan Edukasi Sayur Organik



sarifudin sarifudin(1*), Saleh Aldino(2), Muhammad Fachry(3), Muhammad Alqaroni(4), Annisa Septian Nur’ihsani(5)

(1) Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram
(2) Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram
(3) Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
(4) 3Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
(5) Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mataram
(*) Corresponding Author

Abstract


Dusun Buwuh merupakan bagian desa Mambalan yang cocok digunakan untuk melakukan kegiatan bercocok tanam karena memiliki kesuburan tanah yang baik. Namun kebanyakan pemuda dusun banyak yang menikah muda dan tidak bekerja karena keterbatasan lapangan pekerjaan yang tersedia di desa. Padahal secara geografis berdekatan dengan pasar-pasar tradisonal, baik di kota Mataram maupun Lombok Barat yang menjadi potensi bisnis pertanian ai masyarakat. Terkait dengan bisnis pertanian, jumlah permintaan potensial sayuran organik perbulan untuk kota Mataram sebanyak 1.375.989 kg dan jumlah permintaan aktualnya sebanyak 23.553 kg. Konsumen bersedia membeli sayuran organik dengan kenaikan harga sampai 7,62%. Melihat hal tersebut penulis menawarkan solusi berupa EDPERDAY (Edukasi Pertanian Swadaya) yang bertujuan membentuk lahan edukasi pertanian swadaya, meningkatkan wawasan dan keterampilan dalam bidang pertanian, dan menciptakan peluang lapangan pekerjaan. Oleh karena itu, dengan adanya program ini diharapkan mampu mengatasi permasalahan yang dihadapi pemuda dusun Buwuh. Metode pelaksanakan dimulai dari sosialisasi program dan seminar bisnis hortikultura, persiapan alat, bahan dan lahan sayur organik, kemudian praktikum lapangan, pengadaan perpustakaan pertanian, pelatihan managemen organisasi swadaya, promosi dan pelatihan pemasaran. Setelah melaui proses edukasi selama 3 bulan, terdapat peningkatan wawasan pertanian, tersedianya ladang dukasi sayur organik serta kepuasan tersendiri bagi pemuda yang berujung pada terciptanya peluang usaha baru.


Keywords


EDPERDAY; Lahan Sayur Organik; Peluang usaha; Pemuda; Potensi pertanian

Full Text:

PDF


References

Aprinova, Chandra. 2006. Pemberdayaan Komunitas Miskin (Studi Kasus di Desa Mambalan Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat Propinsi NTB). Sekolah Pasca Sarjana Institut Pertanian Bogor: Bogor.

Jama’ah. 2017. Wawancara tentang “pemuda dusun” di rumah Jama’ah, dusun Buwuh desa Mambalan.

Kardinan, Agus. 2011. Penggunaan Pestisida Nabati Sebagai Kearifan Lokal Dalam Pengendalian Hama Tanaman Menuju Sistem Pertanian Organik. Balai Penelitian Tanaman Obat dan Aromatik : Bogor.

Pusat Informasi Desa. 2010. Profil Desa Mambalan. Mambalan : Kantor Desa Mambalan.

Putra, Dian Wahyu, A. Prasita Nugroho, Erri Wahyu Puspitarini. 2016. Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi Universitas Merdeka Pasuruan: Pasuruan.

Riza Risyanti & Roesmidi, 2006. Pemberdayaan Masyarakat. Alqaprint Jatinangor : Sumedang

Soetriono, Anik Suandari dan Rijanto. 2006. Pengantar Ilmu Pertanian. Bayumedia: Malang

Sudiatmika, I Dewa Putu Agus, A. A. Kt Agung Cahyawan,Putu Wira Buana. 2014. Aplikasi Game Edukasi Trash Grabber Untuk Mengenal Jenis-Jenis Sampah Pada Smartphone Berbasis Android. MERPATI VOL. 2, NO. 2, AGUSTUS 2014, ISSN: 2252-3006. Jurusan Teknologi Informasi Universitas Udayana.

Sutanto, Rachman. 2012. Penerapan Pertanian Organik. Kanisius : Yogyakarta.

Wahyu, Baiq Sri, Lalu Sukardi, Taslim Sjah. 2015. Prospek Pengembangan Sayuran Organik di Kota Mataram. Program Magister Pengelolaan Sumberdaya Lahan Kering, Program Pasca Sarjana Universitas Mataram: Mataram.

Badan Pusat Statistik. 2017. https://www.bps.go.id/pressrelease/2017/11/06/1377/agustus-2017--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-50-persen.html diakses pada tanggal 28 juni 2018 pukul 20.27 WITA.




Article Metrics

Abstract views : 3804 | views : 4182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement)

ISSN (print) 2460-9447ISSN (online) 2541-5883