FAKTOR-FAKTOR PSIKOLOGIS YANG BERTALIAN DENGAN PERBEDAAN ANTARA PRESTASI DAN KEMAMPUAN DARI PARA PELAJAR SMP DI YOGYAKARTA

https://doi.org/10.22146/jpsi.10537

Yapsir Gandhi Wirawan(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Masalah pembangunan tidak dapat lepas dari masalah pendidikan.
Adalah suatu kenyataan bahwa antara kemajuan suatu Negara
dan taraf pendidikannya selalu terdapat hubungan timbal balik yang sangat
erat(2). Pembangunan membutuhkan lebih banyak tenaga yang
berprestasi sesuai dengan potensinya masing-masing. Dalam
dunia pendidikan, yang dimaksud dengan prestasi ialah prestasi bela-
jar, yakni hasil yang dicapai seseorang dalam usaha belajarnya sebagai-
mana dinyatakan dengan nilai-nilai rapornya, sedang kemampuan atau poten-
si ialah kemampuan potensil yang sebenarnya sebagaimana dinyatakan dengan
nilai tes intelligensi (12).




DOI: https://doi.org/10.22146/jpsi.10537

Article Metrics

Abstract views : 1654 | views : 2020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Jurnal Psikologi



 

Recent Issues

Buku 1 Buku 1 Buku 1 Buku 1 
Vol 51 Issue 1 (2024)
Page 1-119
 Vol 50 Issue 3 (2023)
Page 219-332
 Vol 50 Issue 2 (2023)
Page 125-218
 Vol 50 Issue 1 (2023)
Page 1-124
 

 

 


Published by Faculty of Psychology, Universitas Gadjah Mada, Indonesia Building D-6th, Floor No. D-606. Jl. Sosio Humaniora No. 1, Bulaksumur Yogyakarta, 55281
Email: jurnalpsikologi@ugm.ac.id
Phone/whatsApp: +6281125210175

Web
Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats