Terapi Senam Otak untuk Menstimulasi Kemampuan Memori Jangka Pendek pada Anak Autis

https://doi.org/10.22146/jpsi.10643

Dinie Ratri Desiningrum(1*)

(1) Fakultas Psikologi Undip Jl. Prof Soedarto, SH, Tembalang, Semarang 50275
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian dengan tujuan untuk menstimulasi kemampuan ingatan jangka pendek anak autis melalui terapi senam otak, dilakukan dengan menggunakan metode Case Quasi Experimental Study, terhadap 10 anak autis di SLB Negeri Semarang. Penelitian menggunakan modul lengkap senam otak secara audio-visual, dengan lembar evaluasi yaitu Digit Span Form dari Weschler (1997). Penelitian terdiri dari pre-test, program treatment senam otak sebanyak 10 kali dalam waktu 5 minggu, yang diberikan dengan metode IEP (Individualized Education Programme), dan terakhir adalah post-test. Analisis data menggunakan Wilcoxon Test untuk uji beda pre-test dan post-test dua sampel dependen. Hasilnya adalah meningkat secara signifikan, dengan skor Z = -2,023 dan taraf signifikansi 0,043 < 0,05. Hal ini berarti, senam otak yang dilakukan secara rutin oleh anak-anak autis memiliki pengaruh dalam meningkatkan kemampuan memori jangka pendek.

Full Text:

PDF



DOI: https://doi.org/10.22146/jpsi.10643

Article Metrics

Abstract views : 8249 | views : 8993

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Jurnal Psikologi



 

Recent Issues

Buku 1 Buku 1 Buku 1 Buku 1 
Vol 51 Issue 1 (2024)
Page 1-119
 Vol 50 Issue 3 (2023)
Page 219-332
 Vol 50 Issue 2 (2023)
Page 125-218
 Vol 50 Issue 1 (2023)
Page 1-124
 

 

 


Published by Faculty of Psychology, Universitas Gadjah Mada, Indonesia Building D-6th, Floor No. D-606. Jl. Sosio Humaniora No. 1, Bulaksumur Yogyakarta, 55281
Email: jurnalpsikologi@ugm.ac.id
Phone/whatsApp: +6281125210175

Web
Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats