Membaca Al Fatihah Reflektif Intuitif untuk Menurunkan Depresi dan Meningkatkan Imunitas
Very Julianto(1*), Subandi Subandi(2)
(1) Faculty of Psychology, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
(2) Faculty of Psychology, Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author
Abstract
This study aimed to reduce depression and increase immunity through training of reading of the reflective intuitive Al-Fatihah. Researchers used an experimental method with pretest-posttest control group design. Each experimental group and control group consisted of 10 students of Islamic Boarding School. To measure stress degree, Depression Anxiety Stress Scale (DASS) was used. Immunity was measured with microscopic slide method using hematology analyzer. Quantitative analysis was done through a mixed design anova statistical test. The results showed that the training could reduce depression (F=15.34, p<0.05) and increase immunity (F=25.6, p<0.05). This study defines that Reading of Reflective Intuitive Al Fatihah can change a subject’s perception toward any problem of life. The subjects of this research could see what was going on in their lives through the anchor perspective. The experimental subjects who had secured their anchors onto Allah could significantly decrease their depression and improve their immunity. Such state of calmness cannot be separated from Quran reading.
Keywords: Al Quran, imun system, stress
Penelitian ini bertujuan untuk menurunkan depresi dan meningkatkan imunitas melalui pelatihan membaca Al Fatihah reflektif intuitif. Peneliti menggunakan metode eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Kelompok eksperimen dan kelompok kontrol masing-masing terdiri dari 10 siswa pondok pesantren. Pengukuran tingkat stres menggunakan Depression Anxiety Stress Scale (DASS) dan pengukuran imunitas menggunakan alat hematology analyzer dengan metode slide mikroskopis. Analisis kuantitatif menggunakan mixed design anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa membaca Al Fatihah reflektif intuitif dapat menurunkan depresi (F=15.34, p<0.05) dan meningkatkan imunitas (F=25.6, p<0.05). Penelitian menunjukkan bahwa membaca Al Fatihah reflektif intuitif dapat mengubah persepsi subjek terhadap permasalahan dalam hidupnya. Subjek mulai melihat apa yang sedang terjadi pada diri mereka dengan menggunakan perspektif anchor Allah. Subjek eksperimen yang berhasil memegang teguh anchor Allah, mengalami penurunan depresi dan peningkatan imunitas secara signifikan. Perubahan tersebut tidak dapat dipisahkan dari rasa tenang sesudah membaca Al Quran.
Kata kunci: Al Quran, sistem imunitas, stres
Keywords: Al Quran, imun system, stress
Penelitian ini bertujuan untuk menurunkan depresi dan meningkatkan imunitas melalui pelatihan membaca Al Fatihah reflektif intuitif. Peneliti menggunakan metode eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Kelompok eksperimen dan kelompok kontrol masing-masing terdiri dari 10 siswa pondok pesantren. Pengukuran tingkat stres menggunakan Depression Anxiety Stress Scale (DASS) dan pengukuran imunitas menggunakan alat hematology analyzer dengan metode slide mikroskopis. Analisis kuantitatif menggunakan mixed design anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa membaca Al Fatihah reflektif intuitif dapat menurunkan depresi (F=15.34, p<0.05) dan meningkatkan imunitas (F=25.6, p<0.05). Penelitian menunjukkan bahwa membaca Al Fatihah reflektif intuitif dapat mengubah persepsi subjek terhadap permasalahan dalam hidupnya. Subjek mulai melihat apa yang sedang terjadi pada diri mereka dengan menggunakan perspektif anchor Allah. Subjek eksperimen yang berhasil memegang teguh anchor Allah, mengalami penurunan depresi dan peningkatan imunitas secara signifikan. Perubahan tersebut tidak dapat dipisahkan dari rasa tenang sesudah membaca Al Quran.
Kata kunci: Al Quran, sistem imunitas, stres
Keywords
Al Quran; imun system; stress
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.22146/jpsi.6941
Article Metrics
Abstract views : 16256 | views : 24051Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Recent Issues
Vol 51 Issue 1 (2024) Page 219-332 | Vol 50 Issue 3 (2023) Page 219-332 | Vol 51 Issue 1 (2023) Page 125-218 | Vol 51 Issue 1 (2023) Page 1-124 |
Published by Faculty of Psychology, Universitas Gadjah Mada, Indonesia Building D-6th, Floor No. D-606. Jl. Sosio Humaniora No. 1, Bulaksumur Yogyakarta, 55281 Email: jurnalpsikologi@ugm.ac.id Phone/whatsApp: +6281125210175 |