Mindset Wanita Pengusaha Sukses

https://doi.org/10.22146/jpsi.7170

Rizki Kusumadewi Saputri(1*), Fathul Himam(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Kendala-kendala wanita dalam berwirausaha tidak selalu menjadi penghalang bagi wanita pengusaha untuk sukses. Terbukti saat ini wanita berperan penting dalam pembangunan ekonomi daerah dan negara. Penelitian ini dilakukan untuk memahami hakikat mindset yang dimiliki wanita pengusaha sukses. Penelitian ini menggunakan
pendekatan fenomenologi. Data diperoleh melalui wawancara mendalam terhadap empat wanita pengusaha sukses dalam bidang makanan, minuman, fashion dan ritel yang
diperoleh melalui networking. Data hasil penelitian dianalisis dengan melibatkan beberapa proses inti, yaitu: epoche, phenomenological reduction, imaginatif variation serta synthesis of meaning and essences. Kredibilitas hasil penelitian menggunakan member checking. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa mindset yang dimiliki wanita pengusaha mengandung kompenen kognitif, metakognitif dan motivasi. Struktur internal yang terkandung di dalamnya adalah interdependensi, diferensiasi, spiritualisme dan learning.

Full Text:

PDF



DOI: https://doi.org/10.22146/jpsi.7170

Article Metrics

Abstract views : 9397 | views : 12895

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c)



Published by Faculty of Psychology Universitas Gadjah Mada, Indonesia Building D 6th Floor No. D-606. Jl. Sosio Humaniora No. 1, Bulaksumur Yogyakarta, 55281
Email: jurnalpsikologi@ugm.ac.id
Phone/whatsApp: +6289527548628

Web
Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats