
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bakti Budaya: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat memegang hak cipta artikel yang diterbitkan di bawah ketentuan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0. International License. Siapa pun dapat menyalin, mengubah, atau mendistribusikan ulang artikel untuk tujuan apa pun yang sah dan bertanggung jawab di media apa pun, dengan catatan memberikan kredit yang sesuai kepada penulis asli dan Bakti Budaya, menautkan ke lisensi, menunjukkan jika ada perubahan, dan mendistribusikan ulang karya turunan apa pun di bawah lisensi yang sama.
Setelah artikel dinyatakan diterima dan dipublikasikan di situs web ini, ini berarti penuli sepenuhnya setuju untuk menyerahkan hak cipta kepada Bakti Budaya: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat.
Pendampingan Pembuatan Digital Worksheet Menggunakan Wizer.Me Berkonteks Seni Budaya Ogan Komering Illir
Corresponding Author(s) : Ruth Helen Simarmata
Bakti Budaya: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat,
Vol 8 No 1 (2025): 2025: Edisi 1
Abstract
In implementing differentiated learning, teacher competence is needed in developing learning tools that are integrated with technology. Digital worksheets are needed to apply concepts and achieve the expected abilities to achieve learning indicators in the curriculum. Transforming culture in learning is an important part of education. This service activity is structured with a process of assisting Pagar Alam City Mathematics MGMP teachers in designing digital worksheets for differentiated learning in the context of Ogan Komering Illir arts and culture. Assistance activities for creating digital worksheets are carried out synchronously and asynchronously with the aim of increasing teachers' pedagogical competence in developing digital worksheets, guiding teachers in producing and implementing digital worksheets. In order to support the implementation of differentiated learning that has good quality as part of the independent curriculum, the service team, assisted by undergraduate, postgraduate and alumni students, provides assistance to Pagar Alam City MGMP teachers in creating the digital worksheet. Service activities show that participants respond positively to this activity.
===
Dalam mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi, kompetensi guru sangat dibutuhkan dalam mengembangkan perangkat pembelajaran yang terintegrasi dengan teknologi. Digital worksheet dibutuhkan dalam menerapkan konsep dan mencapai kemampuan yang diharapkan untuk mencapai indikator pembelajaran pada kurikulum. Tranformasi budaya dalam pembelajaran, khususnya pembelajaran matematika, merupakan bagian penting dalam pendidikan. Kegiatan pengabdian ini disusun dengan proses pendampingan pada guru-guru MGMP Matematika Kota Pagar Alam dalam merancang digital worksheet untuk pembelajaran berdiferensiasi dengan konteks seni budaya Ogan Komering Illir. Kegiatan pendampingan pembuatan digital worksheet dilakukan secara synchronous dan asynchronous dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam mengembangkan digital worksheet serta membimbing guru-guru dalam menghasilkan dan mengimplementasikan digital worksheet. Demi mendukung terlaksananya pembelajaran berdiferensiasi yang berkualitas, tim pengabdian dengan dibantu oleh mahasiswa sarjana, pascasarjana, dan alumni melaksanakan pendampingan terhadap guru-guru MGMP Kota Pagar Alam dalam pembuatan digital worksheet tersebut. Kegiatan pengabdian menunjukkan peserta merespons kegiatan ini dengan positif.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- Entwistle, N., & Ramsden, P. (2015). Understanding student learning. Abingdon: Routledge
- Fauzia, R., & Ramadan, Z. H. (2023). “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka”. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1608-1617.
- Heugl, H. (2004). “The Influence of technology in several roles of mathematics”. Austrian Cent. Didact. Comput. Algebr, 1-35.
- Komalasari, N., Margunayasa, I. G., & Divayana, D. G. H. (2022). “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Digital Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Pada Materi Matematika Kelas V Sd”. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(1), 75-83.
- Maharani, P., Alqodri, F., & Cahya, R. A. D. (2015). “Pemanfaatan Software Sigil Sebagai Media Pembelajaran E-Learning Yang Mudah, Murah Dan User Friendly Dengan Format Epub Sebagai Sumber Materi”. Semnasteknomedia Online, 3(1), 3-5.
- Mayes, R., Natividad, G., & Spector, J. (2015). “Challenges for educational technologists in the 21st Century”. Educ. Sci, 5(3), 221-237.
- Mukminan. (2014). “Tantangan pendidikan di abad 21”. Seminar Nasional Teknologi Pendidikan, 1-10.
- Naibaho, D. P. (2023). “Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik”. Journal of Creative Student Research, 1(2), 81-91.
- Olive, J., Makar, K., Hoyos, V., Kor, L. K., Koshelva, O., & Straber, R. (2010). “Mathematical knowledge and practices resulting from access to digital technologies”. Mathematics Education and TechnologyRethinking theTerrain, 133-177.
- Purwowidodo, A., & Zaini, M. (2023). Teori dan Praktik Model Pembelajaran Berdiferensiasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka, 65.
- Rombe, R., Rani, R., Nurlita, N., & Parinding, J. F. (2023). “Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Menurut Ki Hajar Dewantara Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen”. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(6), 541-554.
- Saraswati, R. R., & Salsabila, E. (2021). “Pengembangan lkpd digital berbasis hots pada materi dimensi tiga”. Risenologi, 6(2), 17-25.
- Sarmah, D., Das, G. C., & Kashyap, M. P. (2020). “Role of ict in teaching and learning mathematics–an overview”. Journal of Critical Reviews, 7(11), 4500-4506.
- Setiahati, I. P., & Yarmi, G. (2023). “PROBLEMATIKA DAN SOLUSI PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI SD PENGERAK DI PALEMBANG”. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 5519-5536.
- Sigalingging, R. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Implementasi Kurikulum Merdeka The Differentiatiated Classroom. Tata Akbar.
- Suharnita, E., Armis, A., & Anggraini, R. D. (2021). “Pengembangan media pembelajaran digital berbantuan worksheet materi bangun ruang sisi datar”. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 3(1), 11-26.
- Susanti, E., Yusuf, M., Araiku, J., Scristia, S., Kurniadi, E., & Simarmata, R. H. (2020). “Pendampingan penyusunan bahan ajar berbasis multimedia bagi kelompok guru sekolah dasar di desa petunang kabupaten musi rawas”. Jurnal Anugerah, 2(1), 1-11.
- Turkmen, H. (2006). “Exploring Turkish science education facultiesâ understanding of educational technology and use”. International Journal of Education and Development using iCT, 2(2).
- Waru, M. V., & Irfan, A. (2019). “Pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia pada kelompok MGMP matematika”. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 81-85.
- Wibawa, S. C., Cholifah, R., Utami, A. W., & Nurhidayat, A. I. (2018). “Creative digital worksheet base on mobile learning”. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 288, No. 1, p. 012130). IOP Publishing.
- Zuzaku, Agim & Murtezaj, Ilir & Grabovci, Valon. (2020). “The Role of ICT during The Covid 19 Pandemic in The Advisory Service in Kosovo”. 10.6084/m9.figshare.14547228.