Main Article Content

Abstract

Latar belakang. Semakin luasnya penggunaan sevofl urane sebagai zat anestesi inhalasi dan nitrous oksida (N2O) masih menjadi zat inhalasi umum karena memiliki efek anxiolitik, analgesi dan euforia. Sevofl urane dalam jangka panjang dapat menyebabkan gangguan ginjal akibat akumulasi metabolit dalam urin, sementara N2O berpotensi menyebabkan defisiensi neurologis, anemia megaloblastik hingga pemanasan global, tetapi keduanya tidak diukur secara rutin. Kadar keduanya sangat dipengaruhi oleh adanya instalasi HEPA, sistem penghisapan (exhausted) di ruang operasi dan sirkuit napas mesin anestesi.
Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar Sevofl urane dan N2O di ruang-ruang operasi yang memiliki filter HEPA dibandingkan dengan ruang- ruang operasi tanpa filter HEPA yang berada di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Kadarnya dinilai keseuaiannya dengan standard National Institute of Occupational Safety and Health 1977 (NIOSH 1977).
Metode. Dengan metode potong lintang, hasil penelitian diambil dari populasi seluruh ruang operasi yang digunakan operasi dengan anestesi umum lebih dari 2 jam dan menggunakan anestesi sevofl urane dan N2O selama operasi. Dari 18 ruang operasi didapatkan sampel sebanyak 7 ruang operasi dan diukur pada zona 4 dan zona 5 pada 30 menit sebelum anestesi dimulai, jam ke-2 anestesi, jam ke-4 anestesi dan
30 menit setelah anestesi.
Hasil. Hasilnya didapatkan rata-rata kenaikan kadar sevofl urane dan N2O di ruang-ruang operasi dengan sistem HEPA adalah 12,69 ppm (2,27 %) dan 17,53 ppm (2,70%). Kenaikan kadar sevofl urane dan N2O di ruang-ruang operasi tanpa fi lter HEPA adalah 168,46 ppm (3,45 %) dan 8,61 ppm (1,86 %).
Kesimpulan. Ruang operasi yang menggunakan sistem fi lter HEPA kadarnya lebih rendah 65,5 % dibanding ruang operasi tanpa fi lter HEPA dan masih memenuhi standard NIOSH 1977.

Keywords

Sevoflurane nitrous oxide filter HEPA NIOSH 1977 ruang operasi kadar gas anestesi

Article Details

Author Biographies

Akhmad Syaiful Fatah Husein, RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta

Bagian Anestesi, Reanimasi dan Terapi Intensif FKIK UMY - RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta

Bhirowo Yudo Pratomo, RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

Konsultan Anestesiologi & Terapi Intensif FK UGM/ RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

Bambang Suryono, RSUP Dr Sardjito Yogyakarta

Konsultan Anestesiologi & Terapi Intensif FK UGM/ RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

How to Cite
Husein, A. S. F., Pratomo, B. Y., & Suryono, B. (2023). PERBANDINGAN KADAR SEVOFLURANE DAN NITROUS OXIDE (N2 O) SELAMA ANESTESI DI RUANG-RUANG OPERASI DENGAN FILTER HEPA (High Efficiency Particulate Air) DAN TANPA FILTER HEPA. Jurnal Komplikasi Anestesi, 3(2), 23-29. https://doi.org/10.22146/jka.v3i2.7239

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>