Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah

Femmi Nurmalitasari
(Submitted 7 April 2016)
(Published 1 December 2015)

Abstract


Perkembangan 1 sosial emosi semakin dipahami sebagai sebuah krisis dalam
perkembangan anak. Hal ini disebabkan karena anak terbentuk melalui sebuah perkembangan dalam proses belajar. Dari masa perkembangan awal, bayi menunjukkan rasa aman dalam keluarganya apabila kebutuhannya terpenuhi oleh lingkungan. Bayi akan mengeksplorasi melalui sentuhan, rasa, dll. Dari mengeksplorasi itulah bayi akan belajar. Sebaliknya, apabila bayi merasa tidak aman dalam lingkungan keluarga, bayi akan menghabiskan energinya untuk mengatur dirinya sehingga bayi tidak memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi. Ketika bayi tidak dapat kesempatan untuk bereksplorasi, bayi tidak memiliki kesempatan untuk
belajar.

Keywords


social emotion; social development; childhood

References


Briggs, R. D. (2012). The Importance of Social Emotional Development in Early Childhood. Pediatrics For Parent, 28, 11 & 12, 15.

Goleman, D. (2006). Emotional Intelligence (Kecerdasan Emosional): Mengapa IE Lebih Penting daripada IQ, penerjemah: T. Hermaya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hyson, M. (2004). The Emotional Development of Young Children. Teachers College, New York and London: Columbia University.

Patmonodewo, S. (2003). Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta. Rahman, H. S. (2002). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: PGTKI Press.

Rhoades, B. L., Heather K. W., Celene E. D., & Mark T. G. (2011). Examining The Link Between Preschool SocialEmotional Competence And First Grade Academic Achievement: The Role Of Attention Skills. Early Chilhood Research Quarterly, 26, 182-191.

Santrock, W. J. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga. Schunk, D. H. (2012). Learning Theories An Educational Perspective Teori-Teori Pembelajaran: Perspectif Pendidikan (Edisi keenam). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suyanto, S. (2005). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Yahro, S. U. (2009). Upaya Guru dalam Mengembangkan Sosial-Emotional Anak Usia Dini dengan Pendekatan Beyond Centers and Circle Times (Kasus di TK Islam Modern Al-Furqon Yogyakarta). (Skripsi, tidak dipublikasikan). Fakultas Tarbiah UIN Sunan Kalijaga.


Full Text: PDF

DOI: 10.22146/bpsi.10567

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Buletin Psikologi