THE ROLE OF SOCIAL SUPPORT, KNOWLEDGE, ATTITUDE, AND SELF‐EFFICACY IN BREASTFEEDING: SOCIAL COGNITIVE PERSPECTIVE

Lina Handayani, Azlina Md Kosnin, Yeo Kee Jiar

Abstract


Sangat jarang penelitian terkait promosi ASI di Indonesia yang menggunakan
pendekatan social cognitive theory (SCT). Makalah ini menyajikan pendekatan sosial kognitif
sebagai perspektif baru dalam promosi dan edukasi ASI yang meliputi lima variabel: dukungan
sosial, pengetahuan, sikap, kepercayaan diri, dan menyusui. Peran/ kontribusi dari dukungan
sosial, pengetahuan, sikap, kepercayaan diri, terhadap menyusui dijelaskan secara gamblang
dengan SCT. Dari perspektif SCT, menyusui dipengaruhi oleh faktor personal ibu
(pengetahuan, sikap, dan kepercayaan diri) serta lingkungan (dukungan sosial).


Full Text: PDF

DOI: 10.22146/bpsi.11532

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Buletin Psikologi