Media Pembelajaran Pendidikan Seksual pada Siswa Sekolah Dasar di Indonesia: Tinjauan Literatur

Ikhtiar Angenanoi Zebua, B. Primandini Yunanda Harumi
(Submitted 5 January 2024)
(Published 11 December 2024)

Abstract


Dalam memberikan pendidikan seksual kepada siswa Sekolah Dasar (SD), diperlukan cara penyampaian materi yang membantu siswa menyerap dan memahaminya. Media pembelajaran pendidikan seksual merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk memberikan pemahaman terkait seksualitas. Tinjauan literatur ini dilakukan untuk memberikan informasi tentang bentuk media pembelajaran pendidikan seksual pada siswa SD. Proses pengumpulan data dilakukan melalui mesin pencari akademis Google Scholar, dari proses screening hingga sintesis, dan didapatkan delapan literatur yang sesuai dengan kriteria inklusi. Tinjauan literatur ini membahas enam bentuk media pembelajaran pendidikan seksual yang dapat diberikan kepada siswa SD, yaitu komik, papan bimbingan, buku, puzzle, media bergambar, dan video, beserta deskripsi bentuk media, cara penyampaian, dan kelebihan dari masing-masing media. Tinjauan literatur ini diharapkan dapat menjadi informasi dan panduan bagi guru untuk memilih jenis media ajar yang efektif guna menambah pemahaman siswa SD terkait seksualitas serta panduan bagi penelitian selanjutnya mengenai efektivitas masing-masing media pembelajaran pendidikan seksual pada siswa SD.

Keywords


media pembelajaran; pendidikan seksual; siswa sekolah dasar

Full Text: PDF

DOI: 10.22146/buletinpsikologi.92835

References


Agustiningsih, A. (2015). Video sebagai alternatif media pembelajaran dalam rangka mendukung keberhasilan penerapan kurikulum 2013 di sekolah dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 4(1), 50-58. doi:https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.72

Anggraini, T., Riswandi, & Sofia, A. (2017). Pendidikan seksual anak usia dini : aku dan diriku. Jurnal Pendidikan Anak, 3(2). Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/294953166.pdf

Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2020, August 6). Pengembangan media pembelajaran buku cerita bergambar untuk meningkatkan minat membaca siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 994–1003. doi:https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.492

Ardianti, S. D., & Ristiyani, R. (2017). Pemahaman pendidikan seks usia dini melalui modul anggota tubuh manusia. Jurnal Pendidikan Sains, 5(2). doi:https://doi.org/10.26714/jps.5.2.2017.65-70

Arisandi, Desy, & Wulandari, M. D. (2018). Efektivitas papan bimbingan sebagai media pendidikan seks anak SD untuk mencegah pelecehan seksual di SD N pacitan tahun ajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta). Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/63821

Awaru, A. O., Idris, R., & Agustang, A. (2018, October). Sexual education at high school sinjai east. Retrieved from https://doi.org/10.2991/icss-18.2018.196

Bella, S. M., & Istianah, F. (2017). Pendidikan seksualitas sejak dini sebagai upaya menghindarkan anak-anak usia sekolah dasar dari penyimpangan seksualitas. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3). Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/254539-none-c2585944.doc

Billa, H. S., & Solikhah, U. (2022, September 2021). Efektivitas media visikarkes (video animasi kartun kekerasan seksual) terhadap pengetahuan reproduksi dini anak usia sekolah di sd negeri 03 mersi. Jurnal Kesehatan Tambusai, 3(3), 259-465. doi:https://doi.org/10.31004/jkt.v3i3.6719

Billah, A. Z., & Erfantinni, I. H. (2021, July). Peran BK dalam memberikan pemahaman pendidikan seks kepada siswa. Konseling: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapannya, 2(4), 110-115. doi:https://doi.org/10.31960/konseling.v2i4.1015

Bujuri, D. A. (2018). Analisis perkembangan kognitif anak usia dasar dan implikasinya dalam kegiatan belajar mengajar. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 37-50. doi:https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50

Darma, D. D., Asmawati, A., & Efendi, P. (2021, November 11). Pengaruh media bergambar terhadap pengetahuan dan sikap pencegahan kekerasan seksual pada siswa sekolah dasar. Jurnal Penelitian Terapan Kesehatan, 8(1). doi:https://doi.org/10.33088/jptk.v8i1.164

Dermawan, V. I., Sukaesih, N. S., & Lindayani, E. (2023, June 15). Pengaruh pendidikan seksual dengan media puzzle telur pintar pada anak sekolah dasar. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(2), 1086-1092. doi:https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.15006

Dessiane, S. T., & Hardjono, N. (2020, April 1). Efektivitas media pembelajaran cerita bergambar atau komik bagi siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 42-46. doi:https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.537

Febriagivary, A. H. (2021). Mengenalkan pendidikan seksualitas untuk anak usia dini melalui. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 8(2), 11-19. doi:http://doi.org/10.2573/jcare.v8i2.8554

Gerda, M. M., Puspitasari, N., Septiani, R. D., & Dewi, N. K. (2022, January 20). Peran tri pusat pendidikan dalam pendidikan seksual anak usia dini. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 2(2), 97-106. doi:https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2021.2.2.97-106

Gunawan, P., & Sujarwo. (2022, June 30). Pemanfaatan komik sebagai media pembelajaran sejarah dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa . KRONIK : Journal of History Education and Historiography, 6(1), 39-44. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/jhi/article/view/17948

Handayani, P., & Koeswanti, H. D. (2020, April 1). Pengembangan media komik untuk meningkatkan minat membaca siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 396-401. doi:https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.365

Hasiana, I. (2020, December 14). Peran orangtua dalam pendidikan seksual anak usia dini. Wahana : Tridarma Perguruan Tinggi, 72(2), 118-125. doi:https://doi.org/10.36456/wahana.v72i2.2725

Hidayati, E. W. (2018, August 6). Penggunaan media puzzle konstruksi terhadap hasil belajar kognitif siswa SDN kemangsen II krian. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 1(1), 61-88. doi:https://doi.org/10.33367/ijies.v1i1.519

Intaniasari, Y., Utami, R. D., Purnomo, E., & Aswadi, A. (2022). Menumbuhkan antusiasme belajar melalui media audio visual pada siswa sekolah dasar. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 4(1). Retrieved from https://journals.ums.ac.id/index.php/bppp/article/view/19424

Ismiulya, F., Diana, R. R., Na'imah, N., Nurhayati, S., Sari, N., & Nurma, N. (2022). Analisis pengenalan edukasi seks pada anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4276-4286. doi:https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2582

Junaidi, J. (2019, June 30). Peran media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1). doi:https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349

Khotimah, H., Supena, A., & Hidayat, N. (2019). Meningkatkan attensi belajar siswa kelas awal melalui media visual. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 17-28. doi:https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.22657

Khotimah, S. H., Sunaryati, T., & Suhartini, S. (2020, August 9). Penerapan media gambar sebagai upaya dalam peningkatan konsentrasi belajar anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 676. doi:https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.683

Kwirinus, D. (2022). Menyingkap teori seksualitas psikoanalisa sigmund freud dan usaha penerapannya dalam pendidikan seksualitas. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 13(2), 556-573. doi:https://doi.org/10.26418/j-psh.v13i2.57871

Lestari, M. W., Rahmadhani, I. N., Huda, M., Na’im, H., Kusuma, R. A., & Munahefi, D. N. (2023, April 18). Pengembangan media pembelajaran poster berbasis literasi dan numerasi di SDN 3 Krakitan. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 3(1), 88–97. doi:https://doi.org/10.56972/jikm.v3i1.88

Magta, M., & Lestari, N. G. (2022, August 31). Analisis efektivitas pelatihan pembuatan media pendidikan seksual bagi anak usia dini. Jurnal Widya Laksana, 11(2). doi:https://doi.org/10.23887/jwl.v11i2.39243

Marinda, L. (2020, April 18). Teori perkembangan kognitif Jean Piaget dan problematikanya pada anak usia sekolah dasar. An-Nisa Journal of Gender Studies, 13(1), 116–152. doi:https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26

Martin, J., Riazi, H., Firoozi, A., & Nasiri, M. (2018, January 23). A sex education programme for mothers in Iran: Does preschool children’s sex education influence mothers’ knowledge and attitudes? Sex Education, 18(2), 219–230. doi:https://doi.org/10.1080/14681811.2018.1428547

Maulani, S., Nuraisyah, N., Zarina, D., Velinda, I., & Aeni, A. N. (2022, January 24). Analisis penggunaan video sebagai media pembelajaran terpadu terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(1), 19-26. doi:https://doi.org/10.52436/1.jpti.134

Miswanto, M. (2014). Pentingnya pendidikan kesehatan reproduksi dan seksualitas pada remaja. Jurnal Studi Pemuda, 3(2), 111-121. doi:https://doi.org/10.22146/studipemudaugm.32027

Mu’min, S. A., & Yultas, N. S. (2019). Efektifitas penerapan metode bermain dengan media puzzle dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak. Al-Ta’dib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 12(2), 226-239. doi:http://dx.doi.org/10.31332/atdbwv12i2.1217

Ndari, S. S., Masykuroh, K., Vinayastri, A., & Kibitiah, K. (2021, May 9). Use of digital media for sex education in early childhood with low-income parents. Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School, 5(1), 25-29. doi:https://doi.org/10.21070/madrosatuna.v5i1.1387

Nilawati, A., Toja, B., Fathirunnisa, N., Syam, N., Ardiansyah, A. A., Muharram, & Herman, H. (2023, February 27). Masih tabu, pendidikan seks untuk anak usia dini. Jurnal Jendela Bunda, 10(1), 11-22. Retrieved from https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/article/view/2953

Ninawati, M., Wahyuni, N., & Zulfadewina, Z. (2020). Penggunaan book of sex education animated cartoons untuk meningkatkan pemahaman seks siswa sekolah dasar. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 7(2), 294-318. doi:https://doi.org/10.33650/pjp.v7i2.1141

Ningsih, Y. T. (2018). Pelatihan pendidikan seksual untuk meningkatkan pengetahuan tentang seksualitas anak pada guru di Kab. Tanah datar. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 9(2), 205-212. doi:https://doi.org/10.24036/rapun.v9i2.102216

Nurtaniawati, N. (2017, May 13). Peran guru dan media pembelajaran dalam menstimulasi perkembangan kognitif pada anak usia dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 3(1), 1-20. doi:https://doi.org/10.22460/ts.v3i1p1-20.315

Parwati, N. N., Parmiti, D. P., & Jampel, I. N. (2013, July 10). Penerapan pembelajaran picture and picture berbantuan media kartu angka bergambar dapat meningkatkan perkembangan kognitif. . Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1). doi:https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.1041

Permatasari, E., & Adi, G. S. (2017, December). Gambaran pemahaman anak usia sekolah dasar tentang pendidikan seksual dalam upaya pencegahan kekerasan seksual pada anak. The Indonesian Journal of Health Science, 9(1), 2087–5053. doi:https://doi.org/10.32528/the.v9i1.1264

Prawismo, S. A., Marhaeni, A. P., Pramuswari, S., & Yuniawatika, Y. (2023). Pencegahan pelecehan seksual pada anak usia sekolah dasar melalui media komik edukasi SETION. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 6(1), 322-331. doi:https://dx.doi.org/10.33603/caruban.v6i1.8066

Purwanti, B. (2015, February 23). Pengembangan media video pembelajaran matematika dengan model assure. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1). doi:https://doi.org/10.22219/jkpp.v3i1.2194

Puspita, A. M., Djatmika, E. T., & Hasanah, M. (2016, October). Peningkatan hasil belajar siswa berbantuan buku teks berbasis kontekstual untuk siswa kelas II sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(10), 1880—1883. doi:http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i10.6882

Rahmawati, A., & Khamdani, F. (2021). Pendidikan seksual pada anak usia 7-9 tahun di sd negeri glawan kabupaten semarang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kebidanan, 3(1), 36-41. doi:https://doi.org/10.26714/jpmk.v3i1.6858

Rahmi, M. N. (2020, October 30). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi sesuai dengan karakteristik gaya belajar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 355-363. doi:https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i2.439

Ratnasari, R. F., & Alias, M. (2016). Pentingnya pendidikan seks untuk anak usia dini. Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2). doi:http://dx.doi.org/10.29406/.v2i2.251

Ridwan, M., AM, S., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya penerapan literature review pada penelitian ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42-51. doi:http://dx.doi.org/10.36339/jmas.v2i1.427

Rinta, L. (2015). Pendidikan seksual dalam membentuk perilaku seksual positif pada remaja dan implikasinya terhadap ketahanan psikologi remaja. Jurnal Ketahanan Nasional, 21(3). doi:https://doi.org/10.22146/jkn.15587

Safita, R. (2013). Peranan orang tua dalam memberikan pendidikan seksual pada anak. Jurnal Edu-Bio, 4(2), 32-40. Retrieved from https://www.academia.edu/download/59010342/httpe-journal.iainjambi.ac.idindex.phpedubioarticleview37634420190423-88796-x88myn.pdf

Saputro, A. D. (2016, April 29). Aplikasi komik sebagai media pembelajaran. Muaddib: Studi Kependidikan dan Keislaman, 5(1), 1-19. doi:http://dx.doi.org/10.24269/muaddib.v5i1.101

Sari, D. R., & Wulandari, M. D. (2022, July 23). Media papan bimbingan untuk meningkatkan perlindungan diri dari pelecehan seksual pada siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 781-787. doi:https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2549

Schutte, L., Meertens, R. M., Mevissen, F. E., Schaalma, H., Meijer, S., & Kok, G. (2014, August). Long Live Love. The implementation of a school-based sex-education program in the Netherlands. Health Education Research, 29(4), 583-597. doi:https://doi.org/10.1093/her/cyu021

Sepian, A. D., Afiati, E., & Prabowo, A. S. (2023, August 2). Pengembangan media komik digital mengenai pendidikan seksual untuk siswa sekolah dasar. Diversity Guidance and Counseling Journal, 1(1), 72–87. doi:https://doi.org/10.30870/diversity.v1i1.13

Syaputra, I. A. (2022). Media video pembelajaran pendidikan seks untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas 6 sd dalam upaya pencegahan pelecehan seksual terhadap anak. Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan, 9(2), 124-139. doi:https://doi.org/10.36706/jisd.v9i2.18923

Tuharyanti, A., Makmuri, M., & Muis, A. (2021, December 6). Penerapan pembelajaran media gambar dan media audio visual terhadap perkembangan kognitif anak PAUD. Journal of Education Technology and Inovation, 4(2), 1-13. Retrieved from https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/jeti/article/view/596

Utami, A. S., & Fidora, I. (2021, December 28). Pengaruh pendidikan kesehatan reproduksi terhadap tingkat pengetahuan remaja. Jurnal Keperawatan Abdurrab, 5(2), 73-82. doi:https://doi.org/10.36341/jka.v5i2.2221

Wahid, A. (2018). Jurnal pentingnya media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar. Istiqra : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 5(2). Retrieved from https://www.jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/461

Yunita, S., & Supriatna, U. (2021, August 20). Pengaruh penggunaan media puzzle terhadap hasil belajar siswa. Syntax Idea, 3(8), 1999-2006. doi:https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v3i8.1451

Zhang, W., Chen, J., Feng, Y., Li, J., Zhao, X., & Luo, X. (2013, September). Young children's knowledge and skills relatsed to sexual abuse prevention: A pilot study in Beijing, China. Child Abuse & Neglect, 37(9), 623-630. doi:https://doi.org/10.1016/j.chiabu.2013.04.018


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Buletin Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.