Analisis Nilai Tambah Agroindustri Sale Pisang di Kabupaten Kebumen

https://doi.org/10.22146/ipas.10615

Uswatun Hasanah(1*), Masyhuri Masyhuri(2), Djuwari Djuwari(3)

(1) 
(2) Department of Agricultural Socio Economics, Faculty of Agriculture, Universitas Gadjah Mada
(3) Department of Agricultural Socio Economics, Faculty of Agriculture, Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan nilai tambah agroindustri sale pisang berdasarkan : 1) ukuran pisang raja siam yang digunakan, 2) metode membuat kerekel sale, 3) asal kerekel sale yang digunakan, 4) pengusahanya, dan 5) mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap produksi sale pisang. Metode dasar penelitian menggunakan metode deskriptif analitis. Sampel kabupaten dan kecamatan ditentukan menggunakan metode purposive sampling, pengumpulan data menggunakan metode sensus. Analisis data untuk menghitung nilai tambah agroindustri menggunakan metode Hayami dan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap produksi menggunakan metode analisis regresi OLS. Hasil penelitian menunjukkan: bahwa ukuran pisang raja siam yang digunakan tidak menghasilkan nilai tambah yang berbeda; metode membuat kerekel sale cara pasahan dan cara pres tidak menghasilkan nilai tambah yang berbeda; pengusaha murni mampu menciptakan nilai tambah lebih besar dibandingkan petani pengrajin sale pisang; pengusaha yang membeli kerekel sale mampu menciptakan nilai tambah lebih besar dibandingkan dengan yang membuat kerekel sendiri; faktor-faktor yang berpengaruh terhadap produksi sale pisang adalah jumlah modal, jumlah pisang, dan variabel dummy cara pembuatan kerekel sale.


Keywords


Sale Pisang; Nilai Tambah; Faktor Produksi

Full Text:

PDF



DOI: https://doi.org/10.22146/ipas.10615

Article Metrics

Abstract views : 17525 | views : 45459

Refbacks

  • There are currently no refbacks.