KECENDERUNGAN SISWA SMA DI BEKASI DALAM MEMILIH TOPIK ESAI DITINJAU DARI PERSPEKTIF GENDER

https://doi.org/10.22146/jh.1061

Sri Hapsari Wijayanti(1*), Yohanna Claudia Dhian(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Gender dan bahasa lisan atau tulis sudah banyak diungkap memiliki hubungan yang signifikan. Penelitian ini mengamati (a) sejauh mana siswa SMA laki-laki dan perempuan di Bekasi memahami esai serta (b) kecenderungan pemilihan topik dari segi gender. Data penelitian berupa esai yang ditulis 136 siswa/i dari 6 SMA (3 SMA negeri dan 3 SMA swasta) di Bekasi, Jawa Barat. Selain melalui tes
menulis, pengumpulan data juga dilakukan melalui wawancara, kuesioner, dan pengamatan langsung. Penelitian yang dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif ini mengungkap bahwa topik yang dipilih siswa perempuan tidak terbatas topik personal, tetapi juga topik publik, sama dengan laki-laki. Baik laki-laki maupun perempuan cenderung menulis esai dengan topik masalah sosial (47%), teknologi (14%), personal (12%), nasionalisme (6%), dan kesehatan (5%). Siswa perempuan menyukai topik seputar masalah sosial, sedangkan siswa laki-laki menyukai masalah teknologi informatika/komunikasi. Perempuan juga lebih terbuka mengungkap perasaan di dalam menulis daripada laki-laki.

Kata Kunci: gender, esai, menulis, topik, wacana


Full Text:

PDF



DOI: https://doi.org/10.22146/jh.1061

Article Metrics

Abstract views : 1643 | views : 2985

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2012 Sri Hapsari Wijayanti, Yohanna Claudia Dhian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.