Kata-kata Konotatif Sebagai Indikator target Pembaca Selebaran PRD

https://doi.org/10.22146/jh.773

Aris Munandar(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Membaca memiliki peran yang besar dalam komunikasi tulis sebagai mitra tutur bagi penulis. Akan tetapi, pembaca juga telah memainkan peranannya dalam proses penciptaan sebuah teks. Dikemukakan oleh Coulthard (dalam Coulthard, 1994:5) bahwa teks didesain untuk kelompok pembaca tertentu. Oleh karena itu, begitu suatu teks dituliskan dengan serta merta ia menetapkan target pembacanya. Tidak ada satu kalimat pun yang ditulis tanpa membayangkan target pembacanya sehingga hampir setiap kalimat memberikan petunjuk kepada siapa kalimat tersebut sebenarnya ditujukan. Hal ini memungkinkan pembaca yang sesungguhnya untuk dapat menggambarkan secara utuh siapa lawan bicaranya.

Full Text:

PDF



DOI: https://doi.org/10.22146/jh.773

Article Metrics

Abstract views : 1180 | views : 1309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2012 Aris Munandar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



free web stats Web Stats

ISSN 2302-9269 (online); ISSN 0852-0801 (print)
Copyright © 2022 Humaniora, Office of Journal & Publishing, Faculty of Cultural Sciences, Universitas Gadjah Mada