
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bakti Budaya: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat memegang hak cipta artikel yang diterbitkan di bawah ketentuan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0. International License. Siapa pun dapat menyalin, mengubah, atau mendistribusikan ulang artikel untuk tujuan apa pun yang sah dan bertanggung jawab di media apa pun, dengan catatan memberikan kredit yang sesuai kepada penulis asli dan Bakti Budaya, menautkan ke lisensi, menunjukkan jika ada perubahan, dan mendistribusikan ulang karya turunan apa pun di bawah lisensi yang sama.
Setelah artikel dinyatakan diterima dan dipublikasikan di situs web ini, ini berarti penuli sepenuhnya setuju untuk menyerahkan hak cipta kepada Bakti Budaya: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat.
Meningkatkan Kompetensi Instruktur Kampung Inggris: Pelatihan Pengembangan Materi Speaking Skills untuk Tingkat SD
Corresponding Author(s) : Imas Wahyu Agustina
Bakti Budaya: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat,
Vol 8 No 1 (2025): 2025: Edisi 1
Abstract
With the increase in tourism activities post-pandemic, the regional government of Agam Regency considers the urgency of improving the English language skills of local human resources (HR) to prepare them to welcome the arrival of international tourists. Thus, the collaboration between the Agam Regency Regional Government and the Community Service (PkM) team of the English Language Education Study Program was initiated as a sustainable program. This second-year activity aimed at training participants in developing speaking skill materials for elementary school levels. This three-day training involved 20 elementary school teachers around Kampung Inggris in five villages in Agam Regency. The results of the questionnaire and reflection showed that this activity helped improve the participants’ skills in designing creative and effective teaching materials for speaking skills in English at the elementary school level, and they were satisfied with the entire series of events. It is hoped that this activity can enable participants to play their role as facilitators in the English Village in Agam Regency, thereby helping to build better English literacy.
===
Dengan makin membaiknya dunia pariwisata, pemerintah daerah Kabupaten Agam melihat adanya urgensi untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris sumber daya manusia (SDM) setempat agar siap menyambut kembali kedatangan turis internasional. Karena itulah, kerja sama Pemerintah Daerah Kabupaten Agam melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam dengan tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Prodi S1 Pendidikan Bahasa Inggris FBS UNJ dibuat sebagai kegiatan multiyears (berkelanjutan). Kegiatan yang merupakan tahun kedua ini bertujuan untuk melatih peserta dalam mengembangkan materi pembelajaran berbicara dalam bahasa Inggris untuk tingkat Sekolah Dasar (SD). Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini melibatkan 20 guru SD di sekitar Kampung Inggris di lima desa (nagari) di Kabupaten Agam. Hasil angket dan refleksi menunjukkan bahwa pelatihan ini memberikan manfaat dalam membangun kemampuan peserta dalam merancang materi pengajaran kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris pada tingkat SD yang menarik dan tepat guna, dan mereka puas dengan keseluruhan rangkaian acara. Diharapkan kegiatan ini dapat membantu peserta dalam perannya sebagai fasilitator pada Kampung Inggris di Kabupaten Agam sehingga membantu membangun literasi berbahasa Inggris yang lebih baik.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
-
2023). https://agamkab.bps.go.id/ Copland, F., Garton, S., & Burns, A. (2013). Challenges in Teaching English to Young Learners: Global Perspectives and Local Realities. TESOL Quarterly, 48(4), 738–762. doi:10.1002/tesq.148
Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam. (retrieved 2023). https://disparpora.agamkab.go.id/wisata/alam
Fairuuz, N., Nofrian, F., & Desmintari, D. (2022). Peranan Jumlah Wisatawan Asing, Nilai Tukar, dan PMDN dalam Sektor Pariwisata terhadap Pendapatan Devisa Pariwisata Indonesia. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(04), 694–707. https://doi.org/10.59141/jiss.v3i04.570
Fairuzabadi, M. & Gularso, D. (2023). Pendampingan dan Pelatihan Teknologi Informasi dan Komputer (TIK) untuk Meningkatkan Literasi Digital Guru SD Rejodadi Bantul Yogyakarta. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(5), 1802-1815.
Goad, T. W. (1982). Delivering Effective Training. San Diago, California: University Associate.
Indonesia Discover. (2023). Program Kampung Inggris Dilaunching, Ketua TP PKK Agam Apresiasi Pemnag Gadut. https://indonesiadiscover.com/2023/08/06/program-kampung-inggris-dilaunching-ketua-tp-pkk-agam-apresiasi-pemnag-gadut/
Kırkgöz, Y. (2019). Fostering Young Learners’ Listening and Speaking Skills. Dalam Sue Garton & Fiona Copland , The Routledge Handbook of Teaching English to Young Learners (hal. 171-187). New York, USA: Routledge.
Mitchel, M., & Marden (2019). Second Language Learning Theories (4th Ed.). New York, USA: Routledge.
Partnership for 21st Century Learning (P21). (2019). Framework For21" Century Learning: Definition. Battelle for Kids.
Pemerintah Kabupaten Agam. (retrieved 2023). https://agamkab.go.id/index.php/Agamkab/profil
Sumbar Kita. (2022). Agam Sekarang Punya Kampung Inggris, Ini Lokasinya. https://sumbarkita.id/agam-sekarang-punya-kampung-inggris-ini-lokasinya/
Top satu. (2022). Kampung Inggris di 5 Nagari Agam Mulai Terima Anggota
https://www.topsatu.com/kampung-inggeris-di-5-nagari-agam-mulai-terima-anggota/
Zahedpisheh, N., Bakar, Z. B. A., & Saffari, N. (2017). English for Tourism and Hospitality Purposes (ETP). English Language Teaching, 10(9), 86-94.