
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bakti Budaya: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat memegang hak cipta artikel yang diterbitkan di bawah ketentuan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0. International License. Siapa pun dapat menyalin, mengubah, atau mendistribusikan ulang artikel untuk tujuan apa pun yang sah dan bertanggung jawab di media apa pun, dengan catatan memberikan kredit yang sesuai kepada penulis asli dan Bakti Budaya, menautkan ke lisensi, menunjukkan jika ada perubahan, dan mendistribusikan ulang karya turunan apa pun di bawah lisensi yang sama.
Setelah artikel dinyatakan diterima dan dipublikasikan di situs web ini, ini berarti penuli sepenuhnya setuju untuk menyerahkan hak cipta kepada Bakti Budaya: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat.
Pedagogi Kolintang: Cara Belajar Musik yang Bermanfaat bagi Pendidikan Anak di Sekolah Gajahwong, Yogyakarta
Corresponding Author(s) : Soegiarto Hartono
Bakti Budaya: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat,
Vol 8 No 1 (2025): 2025: Edisi 1
Abstract
The Community Service Program at Sekolah Gajahwong, Yogyakarta, has implemented Kolintang Pedagogy to enhance the musical understanding and intelligence of children from underprivileged communities. This method, integrating Minahasa cultural wisdom, has proven effective in facilitating children's comprehension of rhythm and melody, as well as enhancing their social skills. Significant improvements in classroom interaction and children's self-confidence have been recorded, demonstrating the positive impact of cultural integration in music education. The program, involving collaboration with local educators and interactive learning sessions, aims to reduce educational disparities and strengthen access to quality education for vulnerable communities.
===
Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di Sekolah Gajahwong, Yogyakarta, telah menerapkan Pedagogi Kolintang untuk meningkatkan pemahaman musik dan kecerdasan anak-anak dari lapisan masyarakat prasejahtera. Metode yang menggabungkan kearifan budaya Minahasa ini telah efektif dalam memfasilitasi pemahaman anak-anak terhadap ritme dan melodi serta meningkatkan keterampilan sosial mereka. Peningkatan signifikan dalam interaksi kelas dan kepercayaan diri anak-anak telah tercatat, mendemonstrasikan dampak positif dari integrasi budaya dalam pendidikan musik. Program ini, yang melibatkan kolaborasi dengan pendidik lokal dan sesi pembelajaran interaktif, bertujuan untuk mengurangi kesenjangan pendidikan dan memperkuat akses terhadap pendidikan berkualitas bagi komunitas yang rentan.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
-
Freire, P. (2000). Pedagogy of the oppressed (30th anniversary ed). New York: Continuum.
Hartono, S., & Pasaribu, J. (2024). LEARNING MUSIC WITH HAND MOVEMENT METHOD AT RPTRA GABUS PUCUNG CILINCING NORTH JAKARTA. Diambil dari https://www.researchgate.net/publication/378205042_LEARNING_MUSIC_WITH_HAND_MOVEMENT_METHOD_AT_RPTRA_GABUS_PUCUNG_CILINCING_NORTH_JAKARTA
Kaseke, P., & S, M. (2022). Maimo Kumolintang Harmoni Semesta. Yogyakarta: Deepublish.
Kemdikbud.go.id, R. (1985). Sastra Lisan Sangir Talaud (1985 ed.). Pusat Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Khatimah, F. H. (t.t.). Mengenal Burung Manguni, si Pembawa Kabar Baik Kebanggaan Masyarakat Minahasa. Diambil 12 April 2024, dari https://www.goodnewsfromindonesia.id/2023/05/17/burung-manguni-pembawa-kabar-baik-minahasa
Latuni, G., Rattu, J., Loho, A., Saroinsong, S., & Windewani, M. (2023). Kolintang Symbolic Construction of The Union Odd Numbers (Three) in Socio-cultural Meaning of Minahasa Community. Gondang: Jurnal Seni Dan Budaya, 7(1), 36. https://doi.org/10.24114/gondang.v7i1.47595
Priawara, I. P. P., & Mudjilah, H. S. (2020). Efforts to Improve Kolintang Learning Through the Spiral Approach in SMP Bruderan Purworejo. Proceedings of the 3rd International Conference on Arts and Arts Education (ICAAE 2019). Dipresentasikan pada 3rd International Conference on Arts and Arts Education (ICAAE 2019), Yogyakarta, Indonesia. Yogyakarta, Indonesia: Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200703.043
Puspitaratna, J. (t.t.). Peran Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Kolintang sebagai Penguatan Pendidikan Multikultural di Sekolah.
Rahmawati, I., Rahma, U., & Perwira Dara, Y. (2018). Modul aktivitas stimulasi kecerdasan majemuk siswa sekolah dasar. Media Nusa Creative. Diambil dari https://mncpublishing.com/
Sejati, I. R. H. (2023). Pengelolaan Pembelajaran Musik di Sekolah Luar Biasa Yapenas Yogyakarta Kajian Kecerdasan Majemuk. Tonika: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Seni, 6(1), 12–27. https://doi.org/10.37368/tonika.v6i1.507
Sekolah Gajahwong, Membangun Pendidikan untuk Anak Keluarga Prasejahtera | Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. (t.t.). Diambil 21 Maret 2024, dari https://www.kemenkopmk.go.id/sekolah-gajahwong-membangun-pendidikan-untuk-anak-keluarga-prasejahtera
Solang, F., Tasirin, J. S., & Nurmawan, W. (t.t.). Distribusi dan Populasi Burung Manguni (Otus manadensis) di Gunung Kosibak, Taman Nasional Bogani Nani Wartabone.
Sudibjo, R., & et al. (2015). Ansambel musik kolintang kayu Minahasa: Goes to UNESCO. Persatuan Insan Kolintang Nasional Indonesia. Diambil dari https://pinkanindonesia.org
Sumarandak, Z. C., Takalumang, L. M., & Dumais, F. (2023). THE ANALYSIS ON THE STRUCTURE OF TRADITIONAL DANCE MAENGKET. 3(6).
Widjanarko, P., & Andaryani, E. T. (2022). Development of Music Intelligence in Paud Region of Surakarta Through the Angklung Game. Zien Journal of Social Sciences and Humanities, 14, 11–15. Diambil dari https://www.zienjournals.com/index.php/zjssh/article/view/2686
Wikarsa, L., Paseru, D., & Pangemanan, V. T. (t.t.). APPLIED E-LEARNING OF KOLINTANG MUSICAL INSTRUMENTS CASE STUDY: UNIVERSITY OF DE LA SALLE MANADO.