
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bakti Budaya: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat memegang hak cipta artikel yang diterbitkan di bawah ketentuan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0. International License. Siapa pun dapat menyalin, mengubah, atau mendistribusikan ulang artikel untuk tujuan apa pun yang sah dan bertanggung jawab di media apa pun, dengan catatan memberikan kredit yang sesuai kepada penulis asli dan Bakti Budaya, menautkan ke lisensi, menunjukkan jika ada perubahan, dan mendistribusikan ulang karya turunan apa pun di bawah lisensi yang sama.
Setelah artikel dinyatakan diterima dan dipublikasikan di situs web ini, ini berarti penuli sepenuhnya setuju untuk menyerahkan hak cipta kepada Bakti Budaya: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat.
Re-branding Kemasan Produk GEMI0418: Kemasan Kreatif untuk Olahan Lele Konsumsi Manusia dan Maggot Pakan Ternak
Corresponding Author(s) : Adila Sosianika
Bakti Budaya: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat,
Vol 8 No 1 (2025): 2025: Edisi 1
Abstract
Since 2021, GEMI0418 has been recognized as a community committed to environmental sustainability in parts of Cimahi, West Java. However, GEMI0418 faced challenges in marketing its products—processed catfish for human consumption and maggot feed for livestock—due to packaging that did not effectively convey their intended image. Through observation and interview methods, this community service (PkM) activity explored the concept of creative packaging, highlighting the crucial role of branding in marketing. Creative packaging not only provides a strong identity for products but also serves as a direct communication channel between producers and consumers. This PkM activity was carried out from March 1 to August 31, 2024, by a team of five lecturers from the Marketing Management Study Program, Bandung State Polytechnic, and successfully implemented rebranding of the packaging, focusing on visual design and colors relevant to the products. This study discusses the importance of visual elements and specific color choices in creative packaging to attract consumer interest and increase product appeal.
===
Dari tahun 2021, GEMI cukup dikenal sebagai komunitas yang peduli lingkungan di sebagian masyarakat Cimahi, Jawa Barat. Namun, GEMI menemukan tantangan ketika menjual produk hasil budi daya lele dan pengolahan magot karena faktor kemasan yang belum membentuk citranya dengan maksimal. Dengan metode observasi dan wawancara, kegiatan PkM ini dapat menentukan konsep kemasan seperti branding di kemasan memiliki peran krusial dalam dunia pemasaran karena mampu memberikan identitas yang kuat pada suatu produk. Kemasan yang dirancang dengan elemen branding yang khas tidak hanya memudahkan konsumen mengenali merek, tetapi juga menjadi saluran komunikasi langsung antara mitra dan pelanggan. Kegiatan PkM ini dilaksanakan dari 1 Maret hingga 31 Agustus 2024 oleh lima orang tim dosen dari Program Studi Manajemen Pemasaran, Politeknik Negeri Bandung dan telah berhasil melakukan re-branding kemasan dalam hal visual dan warna yang relevan dengan produknya. Studi ini membahas aspek-aspek visual seperti apa yang penting untuk dipertimbangkan pada produk GEMI hingga warna tertentu yang bisa memicu minat konsumen untuk membeli produknya.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
-
Agariya, A. K., Johari, A., Sharma, H. K., Chandraul, U., & Singh, D. (2012). The role of packaging in brand communication. International Journal of Scientific & Engineering Research, 3(2), 1-13.
Astuti Atung, A. A. (2020). Pencantuman Berat Bersih/Netto Pada Makanan Produk Industri Rumah Tangga Di Kota Makassar. Universitas Hasanuddin.
Baporikar, N., & Deshpande, M. (2017). SMEs and branding strategies. International Journal of Applied Management Sciences and Engineering (IJAMSE), 4(1), 43-55.
Batista, M. F., de Carvalho‐Ferreira, J. P., Thimoteo da Cunha, D., & De Rosso, V. V. (2023). Front‐of‐package nutrition labeling as a driver for healthier food choices: Lessons learned and future perspectives. Comprehensive Reviews in Food Science and Food Safety, 22(1), 535-586.
Braesco, V., & Drewnowski, A. (2023). Are front-of-pack nutrition labels influencing food choices and purchases, diet quality, and modeled health outcomes? a narrative review of four systems. Nutrients, 15(1), 205.
da Fonseca, C., Sá, A. G. A., Ribeiro Gagliardi, T., dos Santos Alves, M. J., & Ayala Valencia, G. (2023). Understanding the packaging colour on consumer perception of plant‐based hamburgers: A preliminary study. Packaging Technology and Science, 36(6), 495-503.
Fluhrer, P., & Brahm, T. (2023). Positioning in SMEs: entrepreneurs’ perceptions and strategies. Journal of Research in Marketing and Entrepreneurship, 25(3), 431-454.
Ke, T. T., Shin, J., & Yu, J. (2023). A model of product portfolio design: Guiding consumer search through brand positioning. Marketing Science, 42(6), 1101-1124.
Keller, K. L. (2012). Brand strategy Handbook of marketing strategy: Edward Elgar Publishing.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2010). Principles of marketing: Pearson education.
Martin, S. (2023). BSN : Metrologi Mendukung Ketahanan Pengan Nasional. Retrieved from https://www.sonora.id/read/423793345/bsn-metrologi-mendukung-ketahanan-pangan-nasional
Pane, S. M., Maharani, N. D., Habib, F., & Maysarah, S. (2023). Analisis Segmenting, Targeting Dan Positioning Untuk Merumuskan Strategi Pemasaran Global Pada Umkm. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 3729-3745.
Pinandhita, V. (2023). Lele 18 Ribuan Bisa Cegah Stunting, Gizinya Diklaim Lebih Baik dari Daging Sapi. Retrieved from https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-6578315/lele-18-ribuan-bisa-cegah-stunting-gizinya-diklaim-lebih-baik-dari-daging-sapi
Rodriguez, S. (2023). Marketing: Color Psychology in Branding.
Rodríguez, V. J. C., Antonovica, A., & Martín, D. L. S. (2023). Consumer neuroscience on branding and packaging: A review and future research agenda. International Journal of Consumer Studies, 47(6), 2790-2815.
Saygın, M. (2023). Competitiveness of the Cities: Branding and Positioning. International Journal of Professional Business Review: Int. J. Prof. Bus. Rev., 8(6), 9.
Sosianika, A., Gunawan, A. I., Najib, M. F., Amalia, F. A., Senalasari, W., & Kania, R. (2022). Peran Penting Kemasan dalam Meningkatkan Persepsi Kualitas Produk Makanan. Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS, 8(2), 85-92.
Theben, A., Gerards, M., & Folkvord, F. (2020). The effect of packaging color and health claims on product attitude and buying intention. International journal of environmental research and public health, 17(6), 1991.
Wang, H., Ab Gani, M. A. A., & Liu, C. (2023). Impact of snack food packaging design characteristics on consumer purchase decisions. Sage Open, 13(2), 21582440231167109.
Wijayanti, K., Harwijayanti, B. P., Ani, M., Tursilowati, S., & Kartasurya, M. I. (2023). Chicken floss and catfish nuggets supplementary to increasing weight gain in stunted children: Medisains.
Zaichkowsky, J. L. (2010). Strategies for distinctive brands. Journal of Brand Management, 17, 548-560.