This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bakti Budaya: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat memegang hak cipta artikel yang diterbitkan di bawah ketentuan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0. International License. Siapa pun dapat menyalin, mengubah, atau mendistribusikan ulang artikel untuk tujuan apa pun yang sah dan bertanggung jawab di media apa pun, dengan catatan memberikan kredit yang sesuai kepada penulis asli dan Bakti Budaya, menautkan ke lisensi, menunjukkan jika ada perubahan, dan mendistribusikan ulang karya turunan apa pun di bawah lisensi yang sama.
Setelah artikel dinyatakan diterima dan dipublikasikan di situs web ini, ini berarti penuli sepenuhnya setuju untuk menyerahkan hak cipta kepada Bakti Budaya: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat.
Once upon a Time in Loano, Purworejo: Mengasah Ketrampilan Berbicara dalam Bahasa Inggris dengan Storytelling
Corresponding Author(s) : Adiba Qonita Zahroh
Bakti Budaya: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat,
Vol 6 No 2 (2023): 2023: Edisi 2
Abstract
The Community Service Team of the English Studies Programme, Universitas Gadjah Mada, organised a programme at SMA 5 Purworejo, with the theme ‘Developing Speaking Skills through Storytelling.’ This programme was designed in response to a request from the teachers and the Principal of the SMAN 5 Purworejo, who considered that the students urgently need assistance in improving the students' English-speaking proficiency. This year's programme was conducted using a hybrid approach (online and offline). The programme focused on using folklore as a means to develop students’ speaking competence. As an initial step, the team provided the students with theoretical frameworks on language features, particularly those pertaining to English speaking skills. In the subsequent phase, the team assisted the students in applying the previously discussed language theories in two tutorial sessions. The students enthusiastically and actively participated in the tutoring sessions. They succeeded in applying the theories introduced to them. After that, the students were evaluated based on their performance. All evaluation components indicated that the students achieved above-average scores.
===
Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Prodi Sastra Inggris Universitas Gadjah Mada telah menyelenggarakan program di SMA Negeri 5 Purworejo, dengan tema ‘Mengembangkan Keterampilan Berbicara Melalui Storytelling.’ Program ini dirancang untuk menjawab permintaan dari para guru dan kepala sekolah SMA Negeri 5 Purworejo, yang menilai bahwa siswa mereka sangat membutuhkan bantuan dalam meningkatkan kemampuan berbicara dalam Bahasa Inggris. Program tahun ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan bauran (daring dan luring) yang berfokus pada penggunaan cerita rakyat sebagai sarana untuk mengembangkan kompetensi berbicara siswa. Sebagai langkah awal, tim membekali para siswa dengan kerangka teori tentang fitur kebahasaan, terutama yang berkaitan dengan keterampilan berbicara dalam Bahasa Inggris. Pada tahap selanjutnya, tim PkM mendampingi siswa dalam menerapkan teori-teori bahasa yang telah dibahas sebelumnya dalam dua sesi tutorial. Para siswa sangat antusias dan aktif berpartisipasi dalam sesi bimbingan. Mereka berhasil menerapkan teori-teori yang diperkenalkan kepada mereka. Setelah itu, siswa dievaluasi berdasarkan kinerja mereka. Semua komponen evaluasi menunjukkan bahwa siswa mencapai nilai di atas rata-rata.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
-
(n.d.). TX CTE Resource Center. https://www.txcte.org/sites/default/files/resources/documents/Rubric-for-Storytelling.pdf
(n.d.). Utah High School ASL State Competition 2023 – March 18 from 7:00 to 1:00 at Davis High School. https://aslcomp.files.wordpress.com/2016/01/storytelling-rubric.pdf
A storytelling skills rubric. (n.d.). Story Arts | Story Arts Online!. https://www.storyarts.org/classroom/usestories/storyrubric.html
Brown, H. D. (2000). Principles of language learning and teaching. New York: Pearson Education.
Ellis, G. and Brewster, J. (1991). The storytelling handbook for primary teachers. London: Penguin.
Harmer, J. (2007). How to teach English. Harlow: Pearson Longman.
Harris, D.P. (1969). Testing English as a second language. New York: McGraw Hill Book Company.
McDrury, J., & Alterio, M. (2003). Learning through storytelling in higher education: Using reflection & experience to improve learning.
Mokhtar, N. H., Halim, M. F. A., & Kamarulzaman, S. Z. S. (2011). The effectiveness of storytelling in enhancing communicative skills. Procedia Social and Behavioral Sciences, 18, pp. 163–169.
Nunan, D. (2003). Practical English Language Teaching. New York: McGraw Hill Book Company.
Pahl, K. H., & Rowsell, J. (2011). Artifactual critical literacy: A new perspective for literacy education. Berkeley Review of Education, 2. https://doi.org/10.5070/b82110050
Ur, P. (1996). A Course in English Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.
Zaro, J.J, and Salaberi, S. (1995). Handbook for the English Classroom Storytelling. Oxford: Heinemann ELT