Main Article Content

Abstract

Latar belakang : Infeksi akut dapat menyebabkan eosinopenia melalui beberapa mekanisme yaitu pengumpulan eosinofil di tempat inflamasi, penekanan produksi dan pelepasan eosinofil matang di sumsum
tulang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah eosinopenia mempunyai nilai diagnostik yang dapat digunakan sebagai penanda kejadian sepsis di ICU RSUP dr. Sardjito.
Metode : Penelitian dilakukan dengan metode case-control retrospektif. Pengambilan data dilakukan di Instalasi Catatan Medik RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta selama 7 minggu (September – Oktober 2016). Subyek : 70 pasien sepsis dan non-sepsis yang menjalani rawat inap di ICU RSUP dr. Sardjito antara bulan Januari 2015 hingga Juni 2016.
Hasil : Hubungan eosinopenia dengan sepsis diuji dengan fisher’s exact test dan didapatkan hasil p=0,493 (p>0,05). Digunakan uji fisher’s karena secara statistik didapatkan ada >20% dari kolom yang nilainya terisi <5 (dalam hal ini nilai nol pada pasien non-sepsis dengan non-eosinopenia).
Kesimpulan : Eosinopenia tidak mempunyai nilai diagnostik dalam mendiagnosis sepsis karena kondisi eosinopenia tidak berhubungan dengan kondisi sepsis di ICU RSUP dr. Sardjito Yogyakarta.

Keywords

Sepsis Eosinopenia diagnostik

Article Details

Author Biographies

Sudadi, RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

Konsultan Anestesiologi dan Terapi Intensif FK UGM / RSUP Dr. Sardjito

Calcarina Fitriani Retno Wisudarti, RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

Konsultan Anestesiologi dan Terapi Intensif FK UGM / RSUP Dr. Sardjito

How to Cite
Sadiyanto, D., Sudadi, & Wisudarti, C. F. R. (2023). NILAI DIAGNOSTIK EOSINOPENIA PADA SEPSIS DI ICU RSUP DR. SARDJITO . Jurnal Komplikasi Anestesi, 4(2), 9-15. https://doi.org/10.22146/jka.v4i2.7291

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>