PENGARUH JENIS KOTORAN TERNAK SEBAGAI SUBSTRAT DAN PENAMBAHAN SERASAH DAUN JATI (Tectona grandis) TERHADAP PRODUKSI TOTAL VFA PADA PROSES FERMENTASI BIOGAS

https://doi.org/10.21059/buletinpeternak.v39i3.7988

Ludfia Windyasmara(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Biogas sebagai sumber energi terbarukan, merupakan gas yang dihasilkan dari aktivitas biologi melalui proses fermentasi anaerob. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan kotoran sapi dan kuda sebagai substrat dalam pembentukan VFA pada proses produksi biogas. Penelitian ini dilakukan dengan 2 perlakuan, yaitu P1 merupakan perlakuan biogas dengan substrat kotoran sapi dan P2 untuk perlakuan dengan menggunakan kotoran kuda sebagai substrat. Pada setiap perlakuan terdiri atas 3 level, yaitu dengan penambahan serasah daun jati sebanyak 0%, 5%, dan 10%. Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 kali ulangan dengan pengambilan sampel sebanyak 4 kali pada hari ke-10, ke-20, ke-30, dan ke-40. Parameter yang diukur adalah produksi VFA dan poduksi total VFA. Rancangan percobaan penelitian ini menggunakan rancangan percobaan split-plot. Rerata total VFA pada beda perlakuan menunjukkan perbedaan yang nyata (P<0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses fermentasi metanogenik di dalam biogas dengan feses sapi dan serasah daun jati (Tectona grandis) memiliki total VFA lebih tinggi dibandingkan biogas dengan feses kuda. Namun demikian, peningkatan penambahan level pemberian daun jati pada biogas dengan feses sapi dan feses kuda tidak meningkatkan total VFA.

(Kata kunci: Biogas, Kotoran kuda, Kotoran sapi, Serasah daun jati)





References

Astuti, M. 1981. Rancangan Percobaan dan Analisis Statistik. Fakultas Peternakan, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Bachrudin, Z. 1996. Aplikasi enzim dalam bioteknologi pertanian. Buletin Peternakan Edisi Khusus: 221 -223.

Hartono, R. 2009. Produksi biogas dari jerami padi dengan penambahan kotoran kerbau. Seminar Nasional Teknik Kimia Indonesia – SNTKI 2009 Bandung, 19-20 Oktober, 2009.

Hidayati, Y. A., E. T. Marlina, A. K. T. Benito, dan E. Harlia. 2010. Pengaruh campuran feses sapi potong dan feses kuda pada proses pengomposan terhadap kualitas kompos. Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Peternakan 8: 299- 303.

Kaparaju, P., I. Buendia, L. Ellegaard and I. Angelidakia. 2007. Effects of Mixing on Metane Production During Thermopilic Anaerobic Digestion of Manure : Labscale and Pilot-scale studies. In: Bioresources Technology. Elsevier Ltd.

Kustiawan, L. 2009. Parameter fermentasi rumen pada kerbau yang diberi pakan tunggal glirisidia, jerami jagung dan kaliandra. Seminar Nasional Kebangkitan Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Diponegoro, Semarang, 20 Mei, 2009.

Lethomaki, A., S. Hutunen, T. M. Lehtinen and J. A. Rintala. 2007. Anaerobic digestion of grass silage in batch leach bed processes for metane production. J. Bioresources Technol. 04: 072.

Menke, K. H., L. Raab, A. Salewaki, H. Steingass, D. Fruitz and W. Schneider. 1979. Estimation of the digestibility and metabolizable energy content of ruminant feedstuffs from gas production when they are incubated with rumen liquor in vitro. J. Agric. Sci. 93: 217-222.

Musyafa. 2004. Peranan makrofauna tanah dalam proses dekomposisi serasah Acacia mangium willd. Biodiversitas 6: 63-65.

Perum Perhutani. 2000. Marketing and trade policy of perum perhutani. In: Proceeding of the Third Regional Seminar on Teak.

Hardiyanto, Eko B. (eds). Fakultas Kehutanan UGM, Perum Perhutani, dan TEAKNET Wilayah Asia Pasifik, Yogyakarta, July 31 -August 4, 2000.

Prihartini, I. 2007. Parameter fermentasi rumen dan produksi gas in vitro jerami padi hasil fermentasi inokulum lignochloritik. Laporan Penelitian, Universitas Muhamadiyah Malang, Malang.

Ørskov, E. R. and Ryle. 1990. Energi Nutrition In Ruminats. Elsevier Applied Science. London and New York.

SAS Institute Inc. 1988. SAS/ETS 9.22 User’s Guide. Cary, NC: SAS Institute Inc.

Shuler, M. L. and F. Kargi. 2002. Bioproses Engineering. 2nd edn. Prentice-Hall, Inc., USA.

Siallagan, R. 2010. Pengaruh Waktu Tinggal dan Komposisi Bahan Baku pada Proses Fermentasi Limbah Cair Industri Tahu terhadap Produksi Biogas. Fakultas Teknik Program Magister Teknik Kimia, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Widodo, T. 2006. Rekayasa dan pengujian reactor biogas skala kelompok tani ternak. Jurnal Engeneering Pertanian 4: 1 -4.



DOI: https://doi.org/10.21059/buletinpeternak.v39i3.7988

Article Metrics

Abstract views : 2200 | views : 2986

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Buletin Peternakan (Bulletin of Animal Science) Indexed by:

   
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.